Ketika berlari, secara alami tubuh akan kehabisan napas karena otot-otot membutuhkan oksigen lebih banyak daripada biasanya. Untuk itu diperlukan trik bernapas yang baik, sehingga tubuh tetap mendapatkan kecukupan oksigen ketika berlari. Inilah  Tips Miliki Napas Panjang Saat Olahraga Lari.

Tips Miliki Napas Panjang Saat Olahraga Lari

Tips Miliki Napas Panjang Saat Olahraga Lari | Berlari adalah olahraga yang dapat meningkatkan sistem kardiovaskular. Namun ada beberapa orang tidak menyukai olahraga ini, padahal berlari merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan dan juga memiliki banyak manfaat.

Ternyata salah satu faktor yang membuat orang memilih untuk tidak melakukan olahraga ini adalah karena mereka cepat kehabisan napas. Mengapa begitu??

Penyebab kehabisan napas ketika berlari sebenarnya beragam, muali dari melakukan kesalahan saat berlari, memiliki asma, alergi, dan sebagainya. Bagi anda yang memiliki masalah yang sama, jangan khawatir, karena beberapa cara berikut ini dapat membuat anda bernapas lebih baik ketika berlari :

  • Bernapas lewat mulut

Bernapas lewat mulut saat berlari memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak oksigen yang masuk dan karbondioksida yang keluar dibanding menggunakan hidung. Selain itu, bernapas melalui mulut juga berfungsi mendorong otot-otot wajah menjadi lebih relaks.

  • Lebih sering menggunakan pernapasan perut

Ketika berlari, cobalah bernapas dari perut. Cara melatihnya adalah dengan berbaring telentang, bernapaslah dan rasakan gerkan perut yang naik turun. Latihlah secara rutin agar terbiasa dan aplikasikan teknik pernapasan ini saat berlari.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata Softgel

  • Ambil napas pendek dan dangkal

Menarik napas terlalu panjang dan dalam bisa membuat Anda tidak mampu berlari jauh atau lama. Untuk itu, bernapaslah pendek secara dangkal sehingga lebih mudah saat mengatur napas ketika berlari.

  • Sesuaikan irama napas

Bernapaslah secara konsisten dan berirama untuk mendapatkan napas yang efektif ketika berlari. Misalnya mengambil napas setiap dua langka atau tiga langkah. Setelah mendapatkan pola bernapas, jagalah pola tersebut selama Anda berlari, jangan sampai berubah-ubah.

  • Dengarkan napas

Gunakan telinga Anda untuk mengontrol pernapasan. Jika mendengar napas mulai terengah-engah, maka kurangi kecepatan berlari Anda. Jika napas terdengar sudah stabil kembali, Anda bisa secara perlahan meningkatkan kecepatan berlari Anda.

  • Menggabungkan berjalan dan berlari

Beristirahatlah dengan berjalan sejenak saat berlari untuk memulihkan stamina dan memungkinkan Anda bernapas. Buatlah jadwal interval untuk berjalan sebelum Anda terengah-engah dan atur waktu interval berlari selama 5 menit dan berjalan selama 1 menit, lalu ulangi urutan ini. Lihatlah apakah hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi atau menunda sesak napas.

  • Berjalan dengan langkah yang panjang

Gerakan ini dapat membuat Anda melangkah lebih jauh dengan usaha yang minimal dan dapat mengurangi tuntutan yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular Anda. Selanjutnya, Anda mungkin tak menyadari irama napas Anda yang mengikuti gerakan langkah saat berjalan. Ketika Anda melangkah, Anda pasti bernapas, hal ini dapat membuat Anda tidak memiliki kemungkinan untuk kehabisan napas.

  • Berlari dengan kecepatan yang tepat

Cobalah berjalan pada kecepatan yang dapat membuat Anda bernapas lebih mudah. Gunakan tes berbicara untuk mencari tahu apakah kecepatan Anda telah sesuai. Anda harus dapat berbicara dengan kalimat lengkap, tanpa terengah-engah. Jika Anda tidak dapat melakukannya, maka Anda harus mengurangi kecepatan atau mengambil istirahat dengan berjalan.

Itulah Tips Miliki Napas Panjang Saat Olahraga Lari. Selain membantu Anda saat berlari, bernapas secara benar juga berperan penting untuk menurunkan stres dan meningkatkan stamina fisik. Itu tidak bisa dilatih dengan satu atau dua kali latihan. Anda harus tekun berlatih berkali-kali agar bisa bernapas secara tepat.

Baca Juga : Kopi Luwak Ternyata Lebih Menyehatkan Dibanding Kopi Biasa

Tips Miliki Napas Panjang Saat Olahraga Lari

Tips Miliki Napas Panjang Saat Olahraga Lari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *