Banyak orang mengganti jenis susu yang mereka konsumsi menjadi susu skim dan berfikir akan lebih sehat. Tahukah anda, padahal Ternyata Susu Skim Tidak Lebih Sehat Dari Susu Biasa. Untuk tahu apa alasannya, simak terus informasi dibawah ini.

Ternyata Susu Skim Tidak Lebih Sehat Dari Susu Biasa

Ternyata Susu Skim Tidak Lebih Sehat Dari Susu Biasa | Demi meningkatkan pola hidup sehat, anda memilih untuk mulai mengkonsumsi makanan sehat. Anda pun mengganti semua makanan yang berpotensi menyumbang lemak lebih banyak didalam tubuh dengan makanan dan minuman sehat. Salah satu minuman sehat yang mempunyai banyak peminat adalah susu skim atau susu rendah lemak.

Namun benarkah susu skim adalah minuman yang tak sehat? Lalu apa yang menjadi Alasan Mengapa Susu Skim Tidak Baik Untuk Kesehatan? Berikut kami uraikan alasannya yang kami dapat dari beberapa sumber :

  • Rendah Kandungan Vitamin A

Saat komposisi lemak dikeluarkan dari susu, kandungan vitamin A didalam susu akan menurun dengan drastis. Hal ini terjadi karena vitamin A adalah jenis vitamin yang larut lemak. Saat Anda tidak mendapat suplay vitamin A yang cukup, maka tubuh akan mengambilnya dari hati dan hal ini akan menyebabkan turunnya persediaan vitamin A tubuh.

  • Dapat Menurunkan Fertilitas

Banyak mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim dapat menghambat ovulasi pada wanita. Sangat penting untuk kita mendapat asupan dari produk susu utuh sehingga tidak ada kandungan vitamin yang hilang, terutama pada masa kehamilan atau jika Anda ingin memiliki anak. Susu skim atau susu rendah lemak tidak menyediakan lemak penting untuk tubuh, kalsium dan vitamin yang juga diperlukan oleh tubuh.

  • Menyebabkan Proses Inflamasi di Pembuluh Darah

Susu skim mungkin memiliki kandungan gizi yang baik dan memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti yang dijanjikan oleh susu biasa. Tetapi susu dalam bentuk cenderung membentuk produk nitrat solid yang dapat membentuk endapan dan menyebabkan inflamasi pada pembuluh darah.

  • Kurang Vitamin K

Susu skim juga tidak mengandung jumlah vitamin K yang memadai seperti pada susu biasa. Jika Anda ingin memperoleh vitamin K dalam jumlah memadai, maka Anda harus mengkonsumsi susu skim dibarengi dengan sepotong butter atau sepotong keju. Tetapi dengan melakukan hal tersebut justru akan merusak tujuan awal meminum susu skim. Anda meminum susu skim dengan tujuan menurunkan berat badan, tetapi akan percuma jika Anda tidak mendapat tingkat vitamin K yang mencukupi.

  • Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

Saat lemak jenuh dikeringkan dari susu skim dengan tujuan mengurangi kadarnya dan memanaskannya dalam suhu sangat tinggi dan kemudian ditekan, maka banyak nutrisi akan rusak. Faktanya, kebanyakan aspek nutrisi dari susu, seperti lemak jenuh akan hilang karena proses ini, dan menyebabkan kolesterol tetap mengendap didalam arteridan meningkatkan resiko terkena stroke dan serangan jantung.

  • Membuat Vitamin Larut Lemak Sulit Diserap Tubuh

Tubuh membutuhkan lemak untuk menyerap nutrisi-nutirisi yang penting bagi tubuh. Vitamin larut lemak, seperti vitamin D, E dan A sulit diserap oleh tubuh karena kandungan lemak pada susu skim yang sudah dikurangi.

  • Susu Skim Bubuk Bisa Mengandung Zat Berbahaya

Susu yang dihilangkan kadar lemaknya dan dibuat menjadi bubuk ternyata menggunakan kolestrol teroksidasi dan karsinogen selama proses pembuatannya. Kolestrol yang teroksidasi dapat memberikan kontribusi pada penumpukan plak di pembuluh darah arteri. Di satu sisi, kandungan kolestrol alami yang ada pada susu murni lebih baik dan bersifat sebagai antioksidan.

  • Mengandung gula dan perasa tambahan

Karena dihilangkan kadar lemaknya, rasa susu skim menjadi kurang nikmat dibanding susu murni. Untuk membuat konsumen, terutama anak-anak menyukainya, susu skim ditambahkan gula dan perasa agar rasanya enak. Hal ini menyebabkan kandungan kalorinya yang lebih tinggi dibandingkan susu murni biasa.

  • Mengandung gula dan perasa tambahan

Karena dihilangkan kadar lemaknya, rasa susu skim menjadi kurang nikmat dibanding susu murni. Untuk membuat konsumen, terutama anak-anak menyukainya, susu skim ditambahkan gula dan perasa agar rasanya enak. Hal ini menyebabkan kandungan kalorinya yang lebih tinggi dibandingkan susu murni biasa.

  • Kurang mengenyangkanKurang mengenyangkan

Lemak pada susu memicu pelepasan hormon cholecystokinin yang memberi rasa kenyang. Mengonsumsi susu skim dapat membuat Anda menjadi kurang kenyang dan dapat memicu untuk mengonsumsi lebih banyak makanan lain.

  • Dapat mengakibatkan efek Yo-Yo Diet

Susu skim awalnya memang dapat membuat berat badan berkurang, namun konsumsinya yang berlebihan hingga jadi bosan akan membuat Anda terkena efek “Yo-Yo Diet”. Berat badan awalnya menurun karena diet berlebihan dan kembali bertambah karena rasa bosan.

  • Dapat meningkatkan gula darah

Lemak pada susu murni dapat memperlambat proses pelepasan gula dalam darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena gula darah. Susu skim yang lemaknya sudah dihilangkan ini tidak manpu melakukan hal tersebut, ditambah lagi dengan pemberian gula dan perasa yang akan mengakibatkan gula darah melonjak akibat kandungan kalori yang tinggi.

Baca Juga : Manfaat Sehat Yang Didapat Dari Rutin Makan Asparagus

Ternyata susu skim tidak sesehat yang anda bayangkan. Oleh karena itu mengonsumsi susu biasa sebenarnya malah menyehatkan namumn konsumsilah dengan bijak. Sekian informasi mengenai alasan Ternyata Susu Skim Tidak Lebih Sehat Dari Susu Biasa, semoga bermanfaat.

| Ternyata Susu Skim Tidak Lebih Sehat Dari Susu Biasa |

Ternyata Susu Skim Tidak Lebih Sehat Dari Susu Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *