Manusia memang membutuhkan waktu untuk tidur siang. Tapi disarankan tidak boleh lebih dari satu jam. Pasalnya Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Menyebabkan Diabetes, benarkah demikian?? simak penjelasannya dibawah ini.

Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Menyebabkan Diabetes

Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Menyebabkan Diabetes | Pilar kesehatan bagi tubuh kita mencakup tiga hal, yakni pola diet sehat, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup. Istirahat sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita. Tubuh perlu waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi akibat aktivitas yang telah berjalan seharian. Walaupun cukup tidur merupakan kunci akan hidup sehat, akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur siang yang terlalu lama mempunyai efek yang tidak baik bagi kesehatan.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur siang, mulai sekarang harus lebih memperhatikan berapa lama Anda tidur. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa waktu tidur siang yang terlalu lama berhubungan dengan peningkatan risiko sindrom metabolik.

Apa itu sindrom metabolik? Sindrom metabolik adalah kumpulan gejala yang terdiri dari tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas. Sindrom metabolik ini merupakan cikal bakal dari penyakit jantung dan kencing manis.

Jadi, berapa lama waktu yang kita butuhkan ketika tidur siang untuk memulihkan kondisi tubuh kita?

Peneliti menemukan bahwa tidur siang yang berlangsung kurang dari 40 menit bisa menurunkan risiko sindrom metabolik. Akan tetapi, orang yang tidur siang lebih dari 40 menit memiliki efek sebaliknya, yakni lebih mudah terserang sindrom metabolik. Sebagai contoh, tidur siang yang berlangsung selama 90 menit meningkatkan risiko sindrom metabolik sebesar 50%. Selain itu, tidur siang yang berlangsung lebih dari 1 jam per hari berhubungan dengan peningkatan risiko menderita penyakit diabetes sebesar 50%.

Banyak dari kita yang mengalami kurangnya waktu tidur akibat berbagai kesibukan yang membelit kita sendiri. Oleh karena itu, beberapa ahli menganjurkan agar kita melakukan tidur siang yang cukup selama 20 sampai 30 menit untuk meningkatkan konsentrasi. Tetapi juga harus diingat bahwa jangan terlalu lama tidur siang, karena segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberi manfaat bagi tubuh kita

Demikian informasi yang menjelaskah bahwa terlalu lama tidur siang bisa menyebabkan diabetes seperti yang dilansir dari KlikDokter. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda. Terus kunjungi situs agen resmi koloklin capsule ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya.

Baca Juga : Vitamin Penting Untuk Meningkatkan Kesehatan Payudara | Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kurang Makan Serat

Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Menyebabkan Diabetes

Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Menyebabkan Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *