Tahukah anda, serangan jantung sebetulnya tidak datang tiba-tiba, setidaknya satu bulan sebelum serang terjadi, beberapa tanda dan gejala sudah dirasakan oleh penderita. Cari tahu apa saja Tanda Serangan Jantung Yang Bisa Dilihat Sebulan Sebelum Terjadi

Tanda Serangan Jantung Yang Bisa Dilihat Sebulan Sebelum Terjadi

Tanda Serangan Jantung Yang Bisa Dilihat Sebulan Sebelum Terjadi | Secara global, penyebab kematian nomor satu setiap tahun adalah penyakit kardiovaskular. Penyakit ini terjadi karena kebiasaan mengkonsumsi junk food, stres dan rokok.

Data dari WHO menyatakan, 6,5 detik, satu orang meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok juga telah diteliti dapat meningkatkan angka penderita penyakit jantung koroner dan stroke sebesar 2 hingga 4 kali lipat, tergantung dari lamanya seseorang merokok, serta jumlah batang rokok yang dihisap setiap harinya.

Sedangkan data Kementerian Kesehatan mencatat, pada 2008 diperkirakan sebanyak 17,3 juta kematian disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler. Lebih dari 3 juta kematian tersebut terjadi sebelum usia 60 tahun dan seharusnya dapat dicegah.

Untuk mencegahnya, tentu menjalani gaya hidup sehat adalah kuncinya. Tapi selain itu, ada Anda perlu mengetahui gejala serangan jantung sebulan sebelum hal itu terjadi. Apa saja? berikut diantaranya :

  • Rasa lemah yang tak biasa

Tubuh yang tiba-tiba terasa lemah menandakan adanya kekurangan aliran darah dari maupun ke jantung. Hal ini bisa terjadi akibat penyempitan pembuluh darah dan melemahnya otot jantung.

  • Pusing

Bila ada kekurangan aliran darah, maka pusing akan menjadi gejala lain yang patut diwaspadai. Kurangnya sirkulasi darah dapat memengaruhi aliran darah ke otak dan mengakibatkan rasa pusing.

  • Keringat dingin

Keringat dingin adalah gejala lain yang mengindikasikan bahwa tubuh Anda berada dalam masalah. Aliran darah yang tidak cukup akan menyebabkan tubuh menjadi lebih dingin.

  • Nyeri dada

Ini mungkin menjadi salah satu gejala yang umum terjadi pada serangan jantung. Jika Anda mengalami rasa sakit di dada dan area tubuh lain seperti lengan, punggung dan bahu, segera hubungi dokter. Nyeri dada hingga sesak napas bisa menjadi gejala awal masalah jantung.

  • Sakit flu

Banyak penderita serangan jantung yang melaporkan mengalami gejala sakit flu sebulan sebulan sebelum terjadi serangan jantung.

  • Sesak napas

Saat terjadi sesak napas, artinya paru-paru yang membutuhkan oksigen tidak mendapatkan aliran darah yang dibutuhkan. Ini akibat dari keadaan jantung yang mengalami gangguan.

  • Mual, nyeri perut dan mengalami gangguan pencernaan

Tanpa disadari, rasa mual, nyeri perut hingga gangguan pencernaan yang Anda alami ternyata berhubungan dengan masalah jantung.

Itulah Tanda Serangan Jantung Yang Bisa Dilihat Sebulan Sebelum Terjadi. Orang-orang yang memiliki faktor risiko tinggi untuk mengalami penyakit jantung, sebaiknya rutin memeriksakan kesehatan. Sehingga, saat gejala-gejala kecil ini muncul, Anda bisa segera mendapatkan pertolongan.

Baca Juga : Rasa Sakit Pada Tubuh Yang Tidak Boleh Diabaikan | Alasan Jambu Biji Bisa Dijadikan Sebagai Obat Diare

Tanda Serangan Jantung Yang Bisa Dilihat Sebulan Sebelum Terjadi

Tanda Serangan Jantung Yang Bisa Dilihat Sebulan Sebelum Terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *