Saat ini masih banyak orang yang beranggapan sumber karbohidrat utama hanyalah beras. Padahal, selain beras ada berbagai Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan dan tentunya menyehatkan bagi tubuh.

Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan | Karbohidrat seringkali dihindari dalm diet penurunan berat badan karena dianggap sebagai biang keladi penyebab kegemukan. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, terutama jenis karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau mie memang bisa meningkatkan risiko kegemukan karena membuat tubuh menumpuk gula dan lemak.

Tapi menghilangkan asupan karbohidrat juga bukan cara berdiet yang sehat. Jenis diet bebas karbohidrat tinggi protein memang bisa menurunkan berat badan dengan cepat namun tidak bisa dijalani terus menerus. Karbohidrat tetap menjadi nutrisi penting bagi tubuh dan ketika Anda mulai mengonsumsinya kembali setelah beberapa lama ‘absen’, berat badan justru lebih mudah naik.

Tubuh Anda perlu karbohidrat untuk bekerja oleh sebab itu ini elemen yang sangat penting dalam diet,” ujar pakar gizi Lauren Harris- Pincus, M.S., R.D.N. seperti dilansir Self. 

Dijelaskan Lauren, konsumsi karbohidrat disarankan memenuhi 50-60 persen dari angka kecukupan nutrisi harian. Jika memang ingin mengurangi asupan karbohidrat untuk menurunkan berat badan sebaiknya cukup sampai batas 40 persen per hari saja, tidak lebih rendah dari itu. Kabar baiknya, ada beberapa sumber karbohidrat yang tidak menggemukan tapi justru membantu penurunan berat badan, apa saja? berikut diantaranya :

  • Buah

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau buah dan sayuran juga merupakan sumber karbohidrat. Tidak hanya nasi atau tepung terigu. Beberapa orang membatasi konsumsi buah karena kandungan gulanya yaitu fruktosa. Tapi justru fruktosa itu lah yang merupakan bentuk karbohidrat. Itulah sebabnya setelah makan buah tubuh jadi terasa lebih segar dan berenergi. Selain karbohidrat, buah juga kaya akan serat, vitamin serta mineral.

Serat yang terdapat di dalam buah terbagi menjadi dua jenis; serat larut dan serat tak larut. Serat larut perlu waktu lama dicerna sehingga bisa membuat perut Anda terasa penuh lebih lama, dan hasrat untuk makan pun lebih terkontrol. Sementara serat larut bermanfaat menurunkan kolesterol dan menjaga kestabilan gula darah, mencegah Anda selalu menginginkan makanan manis. Beberapa jenis buah ada yang mengandung serat laurt dan tak larut, maka sebaiknya variasikan konsumsi buah Anda.

  • Gandum Utuh

Gandum utuh merupakan jenis karbohidrat kompleks, dimana tubuh perlu waktu lama untuk mengolahnya menjadi glukosa. Karena proses yang lama ini, gandum juga memberi efek perut terasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengontrol nafsu makan. Gandum bisa diolah dengan cara dibuat bubur, roti, atau dicampurkan bersama chia seed dan buah-buahan.

  • Popcorn

Popcorn terbuat dari jagung, dan jagung merupakan bentuk karbohidrat selain nasi. Meskipun telah berubah bentuk, popcorn tetap mengandungi serat tinggi dari jagung. Hanya saja yang perlu diperhatikan, buatlah popcorn tanpa tambahan perasa, lemak atau garam. Gunakan mentega nabati yang rendah lemak dan sodium dan jangan diberi pemanis. Popcorn dijadikan sebagai camilan sehat asalkan konsumsinya dibatasi.

  • Kentang

Jika diolah dengan cara yang sehat, kentang bisa menjadi sumber karbohidrat yang tak hanya mengenyangkan, memberi energi, tapi tak menggemukkan karena kandungan seratnya yang mengenyangkan lebih lama. Masaklah kentang tanpa dikupas kulitnya, dengan cara direbus atau panggang. Hindari konsumsi kentang yang digoreng, ditambahkan saus krim atau berbagai bumbu tinggi lemak dan kalori. Sajikan bersama sayur tumisan juga protein tanpa lemak seperti dada ayam panggang atau salmon.

  • Kacang-Kacangan

Kacang merah, kacang pinto dan hampir semua jenis kacang mengandung jenis serat yang dibutuhkan oleh jantung dan sedikit gula. Satu ons kacang hitam misalnya, mengandung 7 gram karbohidrat, 2 di antaranya serat.

Tentu saja, kacang memiliki manfaat tambahan dengan kandungan proteinnya, Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan memiliki berat badan lebih rendah ketimbang mereka yang menghindari kacang-kacangan.

  • Butternut squash

Karbohidrat dengan kandungan rendah guula dan tinggi serat. Semangkuk butternut squash matang mengandung hampir 22 gram karbohidrat, lebih dari 6 di antaranya adalah serat.

Warna cerah pada butternut squash menandakan adanya kandungan karoten, salahh satu jenis antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit.

  • Havermut

Jenis tertentu dari  serat dalam gandum terbukti berpengaruh pada kesehatan jantung dan mampu membantu mengontrol berat badan, serta menurnkan kadar kolesterol. Namun, perhatikan pemilihan toppingnya. Buah-buahan tentu akan lebih sehat ketimbang cokelat.

  • Quinoa

Bukan hanya dalam satu mangok mengandung 5 gram serat, tapi juga dilengkapi dengan protein. Ini berarti quinoa mengandung kesembilan jenis amino acids, yang mana tak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan dari makanan.

Nah itulah Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan. Mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat seperti diatas tidak hanya membantu anda menurunkan berat badan tapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

Baca Juga : Makanan Pemicu Sembelit Yang Harus Segera Dihindari | Makanan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit Pada Bayi

Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *