Risiko Dan Bahaya Menggunakan Behel Gigi Bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui agar dapat menjadi pertimbangan sebelum anda memasang behel.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal, kami merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin berkhasiat yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami menjualan barang asli 100% bukan barang tiruan, karena kami merupakan distributor resmi Green World Global.

Risiko Dan Bahaya Menggunakan Behel Gigi Bagi Kesehatan

Risiko Dan Bahaya Menggunakan Behel Gigi Bagi Kesehatan

Risiko Dan Bahaya Menggunakan Behel Gigi Bagi Kesehatan — Kawat gigi atau biasa disebut dengan behel awalnya bertujuan untuk memperbeiki struktur gigi yang tidak rata dan rapi, namun kini tujuan penggunaan kawat gigi sudah sedikit berubah, sekarang justru lebih banyak orang yang memakai karena mereka lebih sadar akan kesehatan.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg Zaura Rini Anggraeni, MDS menjelaskan pemasangan kawat gigi yang dilakukan oleh tukang gigi menimbulkan beragam efek samping. Terlebih pada gigi yang bermasalah baik untuk efek samping ringan hingga berat.

Banyak orang mempercayakan pemasangan gigi kepada tukang gigi jalanan yang mana tukang gigi ini tidak mendapat izin dari Persatuan Dokter Gigi (PDGI). Padahal ada dampak negatif jika kita memasang behel gigi disembarang tempat. Bahaya memakai behel sembarangan akan lebih beresiko manakala pemasangan kawat gigi dipercayakan pada orang yang tidak atau kurang mmiliki ilmu kedokteran gigi.

Bahaya kawat gigi bagi kesehatan

√ Karang Gigi

Karang gigi dapat muncul akibat pemakaian behel. Hal ini disebabkan area dibawah dan disekitar kurung logam dan kawat sulit untuk dibersihkan sehingga sisa-sisa makanan yang masih tersisa menyebabkan penumpukan plek. Pengguna kawat gigi logam beresiko tinggi mengalami kerusakan gigi dan gusi. Untuk itu gunakan sikat gigi khusus jika anda memakai behel.

√ Alergi

Behel logam mengandung logam seperti tembaga, nikel, dan kromium. Diperkirakan 30 persen pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam yang dapat menimbulkan rasa sakit dan telinga tersumbat. Bahkan ada kemungkinnan pasien yang tidak memiliki riwayat alergi dapat menjadi alergi setelah memasang behel. Kabar gembiranya, dampak negatif tembaga, nikel, dan kromium pada umumnya ringan dan mudah diatasi dengan mengubah bahan logam yang digunakan dalam behel.

√ Penyakit Menular Seksual (PMS)

Bahaya penyakit menular seksual tentu sangat mengerikan bagi seseorang. Apa penyebab PMS dalam pemasangan kawat gigi? Nah, karena kawat logam yang terpasang pada gigi anda berbenturan maka akan timbul luka kecil pada bibir serta bagian dalam pada pipi. Saat anda terlibat aktivitas dengan mulut anda, maka luka yang ada pada mulut anda akan menjadi pintu masuk penyakit seperti HIV dan Hepatitis.

√ Masalah pencernaan

Bahan kawat behel berkualitas rendah dikhawatirkan memiliki material berbahaya bagi kesehatan. Bilamana material tersebut bereaksi dengan air liur maka reaksi dari material tersebut akan menimbulkan masalah gangguan pencernaan.

√ Kondisi gigi kemungkinan goyah

Seperti halnya pagar yang terus mendapatkan tekanan, lama kelamaan pasti akan goyah dan longgar. Demikian juga dengan gigi, apabila terlalu sering mendapatkan tekanan dan dipaksa untuk mengikuti landasan kawat gigi, maka dia pun akan goyah.

√ Gigi rusak karena susah dibersihkan

Coba Anda bayangkan sendiri, saat tidak memakai behel pun kadang kita kesulitan untuk membersihkan gigi hingga ke sela terkecil. Nah, kesulitan ini akan bertambah besar saat menggunakan kawat gigi, karena jangankan sela terkecil, sela yang cukup besar yang oleh sikat gigi bisa terjangkau pun, ternyata tidak bisa terjangkau pada saat menggunakan behel.

√ Jadi tempat bersarang kuman dan bakteri

Bagian gigi yang susah dibersihkan tersebut akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Apabila penggunaan behel terlalu lama, maka dampak negatifnya penggunaan kawat gigi adalah peluang kemungkinan gigi rusak menjadi sangat besar.

Itulah Risiko Dan Bahaya Menggunakan Behel Gigi Bagi Kesehatan. Agar terhindar dari bahaya memakai behel diatas, maka percayakan pemasangan behel pada dokter gigi berpengalaman yang kompeten dibidangnya. Memakai kawat gigi sembarangan di jalan akan menimbulkan bahaya yang justru biayanya melebihi biaya pemasangan behel di dokter. Sekian, semoga bermanfaat

Terus kunjungi situs http://manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com untuk update informasi menarik dan bermanfaat mengenai semua yang mencakup kesehatan.

Risiko Dan Bahaya Menggunakan Behel Gigi Bagi Kesehatan

Risiko Dan Bahaya Menggunakan Behel Gigi Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *