Penyebab Berat Badan Bertambah Selain Karena Makanan — Tentu Anda sudah tahu bahwa makanan merupakan faktor penyebab naiknya berat badan. Namun, selain makanan, ada beberapa hal tak terduga lainnya yang juga dapat meningkatkan angka timbangan Anda. Apa saja hal-hal tersebut? Simak informasi dibawah ini untuk lebih lengkapnya.

Penyebab Berat Badan Bertambah Selain Karena Makanan

Penyebab Berat Badan Bertambah Selain Karena Makanan | Berat badan umumnya bertambah ketika kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi. Namun selain makanan, ada banyak faktor yang juga memengaruhi metabolisme dan berat badan tubuh. Anda harus mengenali faktor-faktor yang membuat berat badan bertambah dari sisi medis.

Penyebab Naiknya Berat Badan Selain Makanan

  • STRES

Jika beberapa orang yang mengalami stres berat badannya bisa menurun, maka ada pula yang bobotnya justru kian naik. Jika anda termasuk orang yang justru makan banyak saat stres, maka jangan heran bila berat badan anda bertambah.

Selain itu, berat badan mungkin bertambah akibat adanya hormon stres yang dikenal sebagai korsitol. Keberadaan korsitol selain bisa mengurangi fungsi kekebalan tubuh, bisa juga mempengaruhi tingkat konsentrasi  dan juga meningkatkan penumpukan lemak dalam tubuh. Untuk menjaga berat badan tetap stabil, usahakan untuk tetap santai dan kontrol emoasi anda.

  • HIPOTIROID

Saat anda mengalami hipotiroid, kadar hormon tiroid dalam tubuh anda rendah. Ini berarti anda memiliki tingkat energi yang rendah, kulit cenderung kering, mudah merasa dingin dan sembelit. Selain itu, mereka yang rendah kadar hormon tiroidnya juga lebih mudah menambah berat badan dan sulit untuk menurunkannya.
Oleh sebab itu, ada baiknya anda sesekali memeriksakan kadar hormon tiroid dan perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan yodium seperti rumput laut.

  • PIL KB

Hormon estrogen pada wanita memiliki tanggung jawab untuk pembentukan tubuh. Misalnya saja saat Anda menggunakan pil KB yang mengandung hormon estrogen. Salah satu efek sampingnya adalah berat badan yang bertambah. Ini karena pil KB membuat tubuh Anda menyimpan lebih banyak air dan juga memicu penumpukan lemak di tubuh. Bila Anda sudah terlanjur gemuk, sebaiknya Anda menghindari pemakaian pil KB dan pertimbangkan pemakaian alat kontrasepsi lainnya.

  • BAKTERI USUS

Ada dua jenis utama bakteri dalam usus manusia, yaitu bacteroidetes dan firmicutes. Studi yang dilakukan pada tikus gemuk dan kurus menemukan bahwa tikus gemuk memiliki lebih banyak firmicutes, sedangkan tikus kurus memiliki lebih banyak bacteroidetes.

Rupanya bakteri bacteroidetes lebih efektif dalam hal menangkap kalori makanan, sehingga meningkatkan asupan kalori yang didapat dari makanan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mencegahnya, cobalah untuk menghindari konsumsi gula dan makanan manis berlebihan serta konsumsi probiotik yang baik setiap hari.

  • SINDROM CUSHING

Sindrom Cushing terjadi ketika kelenjar adrenal memproduksi terlalu banyak hormon stres, seperti kortisol, atau pada orang yang mengonsumsi steroid untuk pengobatan penyakit lupus, arthritis, atau asma. Pertambahan berat badan terutama dapat terlihat pada wajah, punggung bagian atas, leher, dan pinggang.

  • SINDROM OVARIUM POLIKISTIK (PCOS)

Wanita pengidap sindrom ovarium polikistik atau PCOS umumnya memiliki banyak kista kecil dalam organ reproduksinya. Wanita dalam kondisi ini meningkatkan kadar hormon yang berperan mengontrol kadar gula darah (insulin) dalam darah yang selanjutnya meningkatkan kadar hormon androgen, yang merupakan salah satu hormon seks pria. Tingginya kadar androgen ini akan memicu penumpukan lemak di sekitar perut sehingga berat badan bertambah.

  • OBAT

Apakah anda rutin mengkonsumsi obat terkait dengan penyakit yang anda derita? Jika ya, bisa jadi penambahan berat badan anda terkait dengan obat tersebut. Ada beberapa obat yang dapat meningkatkan berat badan, seperti  antihistamin, obat steroid, obat untuk mengatasi gangguan bipolar dan kejang (asam valproate), serta obat diabetes.

  • KURANG TIDUR

Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin didalam tubuh. Hormon ghrelin ini berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Tak heran jika anda sering merasa lapar jika kurang tidur.

  • PEMANIS BUATAN

Pemanis buatan yang terdapat dimakan dan minuman yang dijual bebas di pasaran memiliki peranan dalam meningkatkan berat badan anda.

  • GARAM

Salah satu sifat garam adalah dapat menahan air di dalam tubuh. Jika anda mengkonsumi makanan asin dalam jumlah banyak dan tidak disertai dengan olahraga yang cukup di hari yang sama, maka akan terjadi peningkatan berat badan. Hal ini disebabkan oleh resistensi air (akumulasi cairan di dalam tubuh), yang jika berlebihan dapat mengakibatkan pembengkakan di daerah perut, kaki, tumit dan wajah.

Baca Juga : Tempat Paling Bersih Yang Ada Di Toilet Umum Menurut Dokter.

Cara Mengurangi Risiko Pertambahan Berat Badan

Meski lebih sulit dideteksi, faktor-faktor penyebab kegemukan tetap dapat dikelola dengan cara-cara sebagai berikut :

  • Pola Tidur Yang Baik

Biasakan memiliki jam tidur dengan cukup, serta mulai tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari. Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur dan aktivitas seksual.

  • Tanyakan Pada Dokter Sebelum Berhenti Mengkonsumsi Obat Tertentu

Jika anda sudah mengalami pertambahan berat badan karena konsumsi obat, sebaiknya periksakan diri ke dokter sebelum memutuskan untuk menghentikan pemakaian. Anda juga dapat menanyakan alternatif pengobatan yang tidak berisiko meningkatkan bobot tubuh.

  • Bergerak Aktiv

Baik karena konsumsi obat atau karena keadaan kesehatan, peningkatan berat badan umumnya disebabkan oleh menurunnya kondisi metabolisme tubuh. Bergerak aktif tiap hari, seperti berjalan kaki menaiki tangga adalah satu cara sederhana demi menjaga kebugaran tubuh. Dengan olahraga secara teratur, suasana hati seseorang akan lebih baik sehingga jauh dari stres berlebihan dan depresi.

  • Memahami Penumpukan Cairan Akibat Konsumsi Obat

Peningkatan berat badan karena konsumsi obat-obatan tertentu terkadang hanya disebabkan oleh penumpukan cairan. Pertambahan bobot karena kondisi ini tidak bersifat permanen dan dapat segera hilang pasca masa konsumsi obat. Pada masa-masa tersebut, anda disarankan untuk menerapkan pola makan berkadar garam rendah. Contoh obat yang bisa meningkatkan kandungan cairan tubuh adalah pil KB.

Nah, demikianlah informasi mengenai Penyebab Berat Badan Bertambah Selain Karena Makanan berserta dengan cara mengurangi risiko kenaikkan berat badan yang bisa anda lakukan untuk mencegah naiknya berat badan. Semoga bermanfaat.

| Penyebab Berat Badan Bertambah Selain Karena Makanan |

Penyebab Berat Badan Bertambah Selain Karena Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *