Sebagian penyakit memiliki gejala penurunan berat badan secara drastis. Biasanya penyakit ini termasuk jenis yang berbahaya jika tidak segara tertangani. Lantas apa saja Penyakit Yang Membuat Penderita Memiliki Tubuh Kurus

Penyakit Yang Membuat Penderita Memiliki Tubuh Kurus

Penyakit Yang Membuat Penderita Memiliki Tubuh Kurus | Ketika daya tahan tubuh melemah, tubuh akan lebih terlihat tak bertenaga bahkan suhu tubuh pun akan meningkat. Seseorang yang sedang sakit biasanya akan kehilangan nafsu makan bahkan malas menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan seringkali berat badan pun menurun akibat sakit beberapa hari.

Namun ada juga orang yang tidak pernah merasakan sakit tibat-tiba saja badan mendadak kurus. Seseorang memang seringkali tidak menyadari dengan berat badannya dan tau-tau berat badannya turun banyak. Ini bisa dikarena anda mengidap sejumlah penyakit yang berbahaya. Penyakit ini memang tidak memunculkan gejala serius namun bisa bikin berat badan anda langsung menurun drastis.

Penyakit Yang Bikin Badan Kurus

  • Malnutrisi

Malnutrisi adalah kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan suatu zat gizi. Apabila Anda tidak memperhatikan pemilihan serta pengaturan makan Anda, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mengalami malnutrisi. Kekurangan suatu zat gizi ini terjadi ketika tubuh tidak bisa menyerap beberapa zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dan hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pola makan yang tidak sehat, gangguan pada sistem pencernaan, serta baru saja menjalani suatu operasi.

  • Diabetes

Penyakit diabetes yang berimplikasi pada penurunan berat badan yang yang tipe satu. Jika terserang diabetes tpe 1 makan terjadi kerusakan pada sel penghasil insulin yang ada di pankreas. Ini lebih berbahaya dari tipe 2. Di samping turun berat bada juga sulit sembuh kalau ada bagian tubuh yang mengalami luka.

  • Tuberculosis (TBC)

Penyakit ini menyerang saluran pernapasan yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pasien TBC cenderung kurus dan mengalami batuk berkepanjangan. Biasanya mereka akan menjalani pengobatan dengan antibiotik minimal selama 6 bulan dan tidak boleh terputus.

  • Kanker

Kehadiran kanker yang telah menyebar sering tidak terdeteksi. Penyakit ini kerap menjadikan pasien kurus. Sari makanan diserap oleh sel kanker untuk tumbuh lebih sporadis. Sel kanker bisa ditekan penyebaran dengan mengonsumsi makanan bergizi terutama yang kaya antioksidan. Ini bisa didapatkan dari buah dan sayur yang juga membuat kondisi tubuh menjadi lebih basa.

  • HIV/AIDS

Pasien dari penyakit HIV akan mengalami penurunan berat badan seiring dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Mereka mengalami diare yang parah batuk berdaraj, sampai kerusakan organ dalam tubuh sebagai konsekuensinya.

  • Parkinson

Pasien Parkinson akan mengalami kekakuan otot dan sulit digerakkan. Kekakuan ini menjadikannya sulit bergerak dan menghabis waktu untuk berbaring. Dalam jangka panjang otot akan hilang massanya sehingga menjadikan lebih kurus.

  • Gangguan pada kelenjar tiroid

Hipertiroidisme dan hipotiroidisme adalah gangguan yang paling sering terjadi pada kelenjar tiroid. Hipertiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid terlalu aktif, sehingga menghasilkan hormon tiroksin terlalu banyak. Jumlah hormon tiroksin yang terlalu banyak ini dapat mengganggu kecepatan metabolisme dalam tubuh dan kemudian berdampak pada penurunan berat badan.

Sebaliknya, pada hipotiroidisme, justru kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik dan memproduksi hormon tiroksin dalam jumlah yang sedikit, sehingga metabolisme tubuh secara keseluruhan terganggu dan mengakibatkan penurunan berat badan yang siginifikan.

  • Depresi

Tidak hanya masalah pada kesehatan fisik saja yang membuat berat badan Anda turun dan kemudian bertahan pada angka tersebut. tetapi gangguan kesehatan mental, seperti depresi juga mempengaruhi berat badan seseorang. Saat Anda merasa depresi dan tertekan karena sesuatu hal, maka tubuh akan secara alami melakukan berbagai respon melalui perubahan fungsi tubuh. Salah satu respon yang bisa menyebabkan penurunan berat badan secara drastis adalah perubahan hormon yang menyebabkan seseorang menjadi tidak nafsu makan dan metabolisme menjadi terganggu dan melambat, sehingga menyebabkan zat gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

  • Penyakit celiac

Penyakit celiac adalah penyakit yang bisa menyebabkan usus terluka dan mengakibatkan pengurangan dalam penyerapan nutrisi sehingga menjadikan kamu mengalami penurunan berat badan.

Baca Juga : Hal Yang Membuat Wanita Berisiko Tinggi Terkena Kanker Serviks

Demikian informasi mengenai Penyakit Yang Membuat Penderita Memiliki Tubuh Kurus yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Terus kunjungi website agen Koloklin Capsule ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya.

| Penyakit Yang Membuat Penderita Memiliki Tubuh Kurus |

Penyakit Yang Membuat Penderita Memiliki Tubuh Kurus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *