Kebanyakan orang biasanya hanya mengolah bagian putih dan kuning telur untuk dikonsumsi. Cangkang telur pun berakhir di dasar tempat sampah. Tahukah anda, padahal sebenarnya cangkang telur juga mempunyai manfaat yang menyehatkan untuk tubuh. Inilah Manfaat Tak Terduga Cangkang Telur Untuk Kesehatan.

Manfaat Tak Terduga Cangkang Telur Untuk Kesehatan

Manfaat Tak Terduga Cangkang Telur Untuk Kesehatan | Kebanyakan orang biasanya hanya mengolah bagian putih dan kuning telur untuk dikonsumsi. Sementara cangkang telur sudah pasti dibuang. Padahal cangkang telur juga memiliki manfaat menyehatkan.

Tekstur cangkang telur yang keras terbuat dari kalsium karbonat, bentuk kalsium yang paling umum. Kalsium itu sendiri merupakan salah satu mineral penting yang kita butuhkan agar tubuh selalu berfungsi dengan baik.

Satu cangkang telur mengandung sekitar 40 persen kalsium. Setengah dari kulit telur ini saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari.

Selain kalsium, kulit telur juga mengandung mineral lainnya termasuk strontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein. Semua zat gizi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Manfaat Sehat Cangkang Telur

  • Memenuhi kebutuhan kalsium harian

Kandungan kalsium yang ada pada kulit telur lebih cepat diserap oleh tubuh daripada suplemen kalsium yang ada di pasaran. Hal ini dibuktikan oleh penelitian pada tikus dan babi.

Selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga dibutuhkan untuk membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat detak jantung lebih teratur. Kalsium juga bertindak sebagai obat penenang alami yang menenangkan sistem saraf untuk mengurangi rasa sakit, sekaligus menghentikan perdarahan ketika kita terluka.

  • Mengurangi risiko osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang, yang dapat meningkatkan risiko patah tulang. Osteoporosis umum tampak pada usia lanjut, namun awal perkembangannya bisa dimulai sejak usia muda. Pengeroposan tulang ini pada umumnya diakibatkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam menu makanan sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat kalsium alami pun juga mulai menurun.

Sebuah studi yang dilakukan pada wanita pascamenopause menemukan bahwa bubuk cangkang telur dapat memperkuat tulang yang mengalami osteoporosis. Dalam tubuh, cangkang telur bekerja mengikat vitamin D dan magnesium untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Studi yang sama juga melaporkan bahwa bubuk cangkang telur mungkin lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis daripada suplemen kalsium.

Baca Juga : Obat Penyumbatan Tuba Falopi

  • Menjaga kesehatan persendian

Jika Anda intip bagian dalam cangkang telur, Anda akan menemukan selput transparan tipis yang melapisi dindingnya. Anda juga dapat melihatnya lebih jelas saat mengupas telur rebus. Selaput ini biasanya menempel pada bagian dalam kulit telur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin yang mengandung membran cangkang telur dapat menjaga kesehatan persendian Anda. Pasalnya, selaput kulit telur terbuat dari kolagen, kondroitin sulfat (penyusun jaringan tulang rawan), glukosamin, dan nutrisi lainnya.

Kolagen itu sendiri dilaporkan bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis dan rematik. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah suplemen kulit telur benar-benar efektif dalam hal ini.

  • Menyembuhkan infeksi kulit

Anda mengalami luka atau iritasi pada kulit? Cangkang telur bisa menjadi penyelamat. Caranya, masukkan bubuk cangkang telur ke dalam secangkir cuka sari apel dan biarkan selama beberapa jam. Lalu, oleskan campuran ini di atas luka atau jenis iritasi kulit lainnya. Dalam beberapa menit, luka Anda akan membaik.

  • Mengurangi rasa asam pada kopi

Rasa asam pada kopi memang bukan selera semua orang. Untuk menetralkan kandungan asam kopi, Anda dapat menambahkan satu sendok teh bubuk cangkang telur ke dasar kopi sebelum diseduh. Kalsium karbonat alkalinya akan membuat kopi terasa lebih enak dan nyaman untuk perut.

  • Membuat kulit wajah bercahaya

Ambil satu putih telur dan bubuk cangkang telur. Masukkan ke dalam wadah, aduk, lalu oleskan ke kulit wajah Anda. Biarkan mengering pada kulit sebelum membilasnya dengan air. Masker rumahan ini akan membantu membuat kulit Anda tampak sehat dan bercahaya. Cangkang telur dapat menyimpan banyak kuman, bahkan bakteri salmonela penyebab tifus. Untuk meminimalkan risiko, Anda harus memastikan bahwa bakteri-bakteri tersebut sudah tersingkir saat merebusnya. Atau, belilah telur organik sejak awal.

Baca Juga : Alasan Mengapa Makan Kekenyangan Bisa Sebabkan Kantuk

Manfaat Tak Terduga Cangkang Telur Untuk Kesehatan

Manfaat Tak Terduga Cangkang Telur Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *