Asparagus memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Jika anda suka dengan asparagus, maka anda bisa mendapatkan Manfaat Sehat Yang Didapat Dari Rutin Makan Asparagus

Manfaat Sehat Yang Didapat Dari Rutin Makan Asparagus

Manfaat Sehat Yang Didapat Dari Rutin Makan Asparagus | Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya kita masih belum begitu familiar dengan sayuran Asparagus. Hal ini mungkin dikarekan tumbuhan ini masih jarang tumbuh dipekarangan kita, dan juga harganya yang terlalu mahal, sehingga masyarakat umum tak mampu membelinya untuk dijadikan sayuran yang akan dikonsumsi setiap hari. Hanya orang-orang dari kalangan berada saja yang mempu memakan sayuran elite ini. Namun, mungkin ada beberapa kalangan di Indonesia yang cukup familiar dengan sayuran ini. Terutama mereka yang menjalani hidup sebagai vegetarian dan vegan.

Aparagus adalah tumbuhan sayuran yang dibudiyakan oleh Bangsa Romawi dan masih tumbuh liar di Eropa, Asia dan Barat Daya Afrika. Asparagus adalah tanaman yang dapat tumbuh di daerah beriklim sedang dingin. Asparagus memiliki rasa pedas dengan tekstur renyah. Harus anda ingat, hindari memasak asparagus terlalu lama sehingga membuatnya menjadi lembek dan terasa menjijikan. Asparagus harus disimpan dalam kantong plastik di dalam lemari es. Sebaiknya, batang/tangkainya dibungkus dengan kain atau paper towel basah. Jika Anda menyimpan dengan cara ini maka asparagus akan tetap segar selama 7-10 hari.

Beberapa orang mungkin tidak menyukai bau yang kuat pada urin mereka setelah makan asparagus. Persis yang Anda alami setelah memakan jengkol atau petai. Hal ini karena ketidakmampuan untuk memecah enzim yang disebut asparagin, yang benar-benar berbahaya. Sayuran asparagus dapat membantu mencegah penyakit jantung, dan merupakan sumber yang baik dari inulin (salah satu jenis karbohidrat yang mengandung serat dan tergolong sebagai prebiotik).

Manfaat Sehat Yang Didapat Dari Rutin Makan Asparagus

  • Terhindar Alzheimer

Asparagus adalah sayur yang kaya vitamin K dan bisa mencukupi 35 persen dari kebutuhan harian Anda. Dengan adanya vitamin K, dapat mencegah stress syaraf otak dan mencegah kerusakan neuron yang menjadi penyebab Alzheimer. Vitamin K juga sangat baik dalam menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi. Vitamin K menghindarkan dari gigi berlubang dna osteoporosis.

  • Menjaga kesehatan jantung

Jika Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, maka konsumsi asparagus bisa jadi referensi. karena asparagus memiliki asam folat yang tinggi, ini bisa menjadi jalan menghindari penyakit kardiovaskuler. Asparagus juga dapat menurunkan kolesterol jahat karena mengandung serat, potassium, dan asam folat sehingga dapat mengontrol kadar tekanan darah dan homosistein darah.

  • Melancarkan pencernaan

Asparagus kaya serat sehingga sangat baik melancarkan pencernaan, konsumsi asparagus akan mengurangi derita diare dan sembelit. Asparagus juga merupakan satu-satunya sayur yang mengandung insulin dan menutrisi bakteri baik dalam usus besar.

Hal ini bertujuan agar terhindar dari serangan bakteri jahat, bahkan asparagus juga mengandung banyak asam amino yang memudahkan Anda mengeluarkan gas dalam perut dan menyelesaikan masalah kembung.

  • Cegah kanker

Asparagus juga memiliki fungsi menakjubkan hingga bisa mencegah kanker, sifat asparagus yang anti kanker didukung dengan adanya kandungan glutathione, yaitu antioksidan kuat yang mampu memecah kanker dan radikal bebas.

  • Meningkatkan kesehatan wanita

Asparagus memiliki asa folat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Bukan hanya itu, asparagus juga bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Asparagus juga sangat baik dikonsumsi setiap hari saat menstruasi, karena dapat meringankan nyeri, kram dan menstabilkan emosi saat PMS. Asam folat juga memicu produksi histamin, sehingga dapat meningkatkan gairah seksual atau libido pria dan wanita.

  • Baik untuk diabetes

Karena asparagus rendah kalori dan gula, serta mengandung insulin, sayur ini sangat tepat untuk dikonsumsi penderita diabetes. Insulin adalah hormon yang bisa menyerap glukosa tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Susu Kefir Untuk Kesehatan Tubuh

Nah itulah, Manfaat Sehat Yang Didapat Dari Rutin Makan Asparagus. Jika asparagus dikonsumsi setiap hari, anda bisa terhindar dari berbagai penyakit kerana asparagus bisa  meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit. Jadi, mengapa tidak mengkonsumsi asparagus dari sekarang?

| Manfaat Sehat Yang Didapat Dari Rutin Makan Asparagus |

Manfaat Sehat Yang Didapat Dari Rutin Makan Asparagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *