Sistem pencernaan sangat menentukan kondisi kesehatan seseorang. Untuk itu anda harus mengetahui deretan Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Tiap Hari Agar Usus Tetap Sehat.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia.

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Tiap Hari Agar Usus Tetap Sehat

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Tiap Hari Agar Usus Tetap Sehat — Pada setiap makhluk, usus mempunyai manfaat yang sangat penting. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga kesehatan usus. Seperti yang kita ketahui, usus adalah salah satu bagian dalam proses pencernaan yang berperan dalam penyerapan air, natrium, dan vitamin yang larut lemak.

Makanan yang kita makan dapat berpengaruh pada kinerja usus. Bila hal ini terjadi dalam jangka panjang, maka banyak penyakit yang bersarang di tubuh, salah satunya kanker usus besar. Membersihkan usus besar dengan mengkonsumsi makanan yang tepat adalah salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan usus besar.

Berikut ini makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan :

  • Makanan yang kaya akan serat

Menurut Mayo Clinic, setiap hari setidaknya makanlah 20-35 gram serat. Dianjurkan pula sarapan dengan buah yang kaya serat seperti apel, kurma, mangga, dan buah prune. Bisa hanya buah-buahan saja atau dicampur dengan havermout dan sereal.

  • Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa dikonsumsi sebagai camilan sepanjang hari. Mengandung lemak sehat dan membantu meningkatkan serat dalam diet Anda. Segenggam biji rami dicampur dengan jus buah atau beberapa buah kenari dicampurkan dalam salad sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan serat dalam camilan Anda.

James F. Balch, M.D, penulis Prescription for Natural Cures menyarankan makan setidaknya 1 – 2 sendok makan biji rami (flaxseed) setiap hari dapat membuat usus besar Anda tetap sehat. Flaxseed adalah biji tanaman rami, yang dipercaya berasal dari Mesir. Tanaman ini tumbuh di seluruh Kanada dan barat laut Amerika Serikat.

  • kacang-kacangan

Tambahkan kacang-kacangan dalam menu sehari-hari. Contohnya, selai kacang untuk sarapan atau kacang hijau untuk makan malam. Kacang akan membersihkan usus. Bisa juga menambahkan kacang pada salad segar dan sayuran mentah yang akan menambah kelezatannya.

  • yogurt

Makanan yang difermentasi baik untuk menjaga kesehatan usus besar. Balch menyarankan menambahkan yoghurt pada menu Anda. Makanan ini membantu menyeimbangkan flora usus dan menjaga keteraturan gerakan usus.

  • minum banyak air

Minumlah banyak air untuk menjaga kesehatan usus besar. Mayo Clinic menyarankan minumlah air dalam jumlah yang cukup sehingga tubuh terhidrasi. Kebutuhan air juga tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, tingkat aktivitas, kesehatan secara keseluruhan dan kriteria lainnya. Yang penting, pastikan untuk menyiapkan segelas air di meja dan bawalah selalu air dalam botol selama perjalanan. Jangan sampai tubuh terlalu haus.

  • Pilih Makanan Mengandung Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang umumnya terdapat pada makanan fermentasi dan suplemen. Bakteri ini bisa menambah jumlah bakteri baik lainnya di dalam usus. Salah satu jenis probiotik adalah Bifidobacteria dan biasanya paling banyak terkandung dalam yoghurt. Bakteri ini melepaskan senyawa kimia yang akan menciptakan habitat asam, yang tidak bisa ditembus bakteri jahat. Selain itu ada juga Lactobacillus yang tidak hanya menjaga kesehatan usus tapi juga meningkatkan mood positif. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal ‘Gastroenterology’ menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 125 gram yoghurt dua kali sehari selama empat minggu, otaknya menjadi lebih tenang saat dihadapkan dengan situasi yang buruk.

  • Makan Banyak Prebiotik

Jika probiotik adalah bakterinya, maka prebiotik merupakan makanan bagi bakteri baik. Apa saja makanan yang tepat untuk bakteri baik? Perbanyaklah karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, nasi merah, juga sayur-sayuran seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang dan asparagus. Memperbanyak konsumsi prebiotik telah terbukti secara ilmiah bisa mengurangi berbagai gangguan pada usus, mengurangi reaksi alergi seperti kemerahan pada kulit juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  • Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap tikus, makanan berlemak tinggi bisa merusak dinding usus sehingga memudahkan senyawa kimia berbahaya dan bakteri jahat untuk masuk ke dalam pembuluh darah. Ketika bakteri jahat memasuki pembuluh darah, bisa berpotensi menimbulkan peradangan pada jaringan di sekitarnya. Terlebih lagi, menurut Rob Knight yang seorang professor kimia dan biokimia di University of Colorado, beberapa jenis lemak bisa meningkatkan populasi bakteri jahat. Maka dari itu batasi asupan lemak Anda dan konsumsi jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan sedikit lemak jenuh.


Untuk menjaga kesehatan usus yang lebih praktis lagi, kami merekomendasikan suplemen kesehatan dari Green World yaitu Koloklin Capsule yang berkhasiat nyata dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika anda ingin mengetahui informasi selengkapnya silahkan klik link berikut ini : Koloklin Capsule Green World

Demikian informasi mengenai Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Tiap Hari Agar Usus Tetap Sehat. Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs http://manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan lainnya.

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Tiap Hari Agar Usus Tetap Sehat

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Tiap Hari Agar Usus Tetap Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *