Bakteri dikenal sebagai mikroba yang jahat. Namun, Anda jangan salah, ternyata tubuh sendiri membutuhkan bakteri. Ya, terdapat dua jenis bakteri, yaitu bakteri baik dan bakteri jahat. Tubuh membutuhkan bakteri baik atau biasa disebut dengan probiotik dalam sistem pencernaan. Untuk itu ketahui Makanan Yang Mengandung Bakteri Baik Yang Dibutuhkan Tubuh

Makanan Yang Mengandung Bakteri Baik Yang Dibutuhkan Tubuh

Makanan Yang Mengandung Bakteri Baik Yang Dibutuhkan Tubuh | Bakteri tidak semuanya buruk untuk kesehatan anda. Ada beberapa jenis bakteri baik seperti probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan anda. Bakteri ini mampu menjaga perut anda tetap sehat, usus bersih dan membunuh kuman yang berbahaya dalam tubuh.

Apa Itu Probiotik?

Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas adalah kegunaan probiotik yang paling populer saat ini. Probiotik memang ada secara natural di dalam tubuh kita. Akan tetapi, Anda juga bisa mendapatkan probiotik dari makanan, minuman, dan suplemen.

Probiotik sudah mulai dikenal sejak awal-awal abad ke-20, di mana Elie Metchnikoff, atau yang lebih sering dikenal sebagai bapak probiotik, menemukan bahwa penghuni perdesaan Bulgaria dapat hidup dalam jangka waktu yang sangat lama meskipun mereka hidup dengan kelaparan yang ekstrem dan cuaca yang buruk. Elie berteori bahwa mereka dapat tetap bertahan hidup karena memanipulasi mikroorganisme yang terdapat pada sistem pencernaan mereka. Caranya adalah dengan mengonsumsi susu asam yang mengandung bakteri-bakteri baik bagi tubuh mereka. Sejak saat itu, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan penemuan Elie di bidang probiotik.

Sumber Probiotik

Selama ini anda mengenal bahwa bakteri probiotik hanyalah berasal dari yoghurt. Tak hanya itu, sebab makanan dibawah ini juga tinggi akan kandungan probiotik didalamnya :

  • Kefir

Kefir adalah hasil fermentasi susu kambing yang dicampur dengan kefir grain. Selain mengandung bakteri lactobacilli dan bifidus, kefir juga kaya akan antioksidan.

  • Sauerkraut

Sauerkraut adalah hasil fermentasi dari kol (bisa juga dengan sayur lain). Sauerkraut tidak saja kaya akan probiotik, tetapi bisa juga untuk membantu mengurangi alergi. Sauerkraut juga kaya akan Vitamin B, A, E, dan C.

  • Dark Chocolate

Dark chocolate yang berkualitas tinggi bukan hanya lezat, tapi juga merupakan sumber probiotik yang baik. Bahkan kandungan probiotiknya bisa 4 kali lebih besar dibandingkan di produk-produk berbasis susu.

  • Microalgae

Makanan-makanan berbasis tumbuhan laut seperti spirulina, chlorella, dan alga biru-hijau juga merupakan sumber probiotik yang dapat meningkatkan jumlah Lactobacillus dan bifidobacteria didalam sistem pencernaan.

  • Tempe

Makanan yang biasanya jadi menu sehari-hari di Indonesia ini juga kaya akan probiotik. Berasal dari fermentasi kacang kedelai, tempe mengandung vitamin B12. Termasuk sebagai makanan vegetarian, tempe juga bisa disajikan dengan digoreng sedikit, dipanggang, atau dimakan dengan salad.

  • Kimchi

Kimchi adalah Sauerkraut versi Asia. Kimchi adalah hasil fermentasi sawi atau sayuran lain, dan rasanya asin, asam, sekaligus pedas. Biasanya Kimchi disajikan dengan makanan-makanan lain khas Korea. Selain mengandung bakteri yang bermanfaat, Kimchi juga mengandung beta-carotene, kalsium, zat besi, dan vitamin A, C, B1, dan B2.

Itulah Makanan Yang Mengandung Bakteri Baik Yang Dibutuhkan Tubuh. Bakteri probiotik yang ada di dalam makanan di atas mampu memudahkan Anda dalam mengonsumsi bakteri ini. Jadi tunggu apalagi, segera konsumsi makanan di atas agar tubuh Anda menjadi lebih sehat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Alasan Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Berbuka Puasa

| Makanan Yang Mengandung Bakteri Baik Yang Dibutuhkan Tubuh |

Makanan Yang Mengandung Bakteri Baik Yang Dibutuhkan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *