Sembelit merupakan masalah sistem pencernaan yang rentan dialami bayi. Salah satu penyebab masalah kesehatan ini yaitu makanan. Agar si kecil terhindar dari sembelit, ketahui apa saja Makanan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit Pada Bayi

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit Pada Bayi

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit Pada Bayi | Masalah pencernaan yang umum dialami oleh bayi yaitu sembelit atau konstipasi. Biasanya sembelit dialami oleh bayi yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bayi ASI bisa mengalaminya.

Sembelit atau konstipasi itu sendiri merupakan masalah kesehatan dimana bayi kesulitan buang air besar. Dalam bahasa halusnya yaitu ketidakmampuan sistem pencernaan si kecil dalam mengeluarkan sisa-sisa makanan. Si kecil mengalami sembelit ketika buang air besar sebanyak 3 kali dalam satu minggu, dimana normalnya yaitu sebanyak 5 sampai 8 dalam satu minggu.

Gejala lain yang ditunjukan ketika bayi mengalami sembelit yaitu, buang air besar dengan tinja yang keras, si kecil mengalami kesulitan buang air besar yang ditandai dengan tangisan, mengedan yang kuat dan sampai melengkingkan badan.

Semebelit yang dialami oleh bayi memiliki kaitan erat dengan makanan atau minuman apa yang dikonsumsinya. Oleh karena itu, tidak heran jika masalah pada sistem pencernaan ini sering menimpa dan terjadi pada bayi yang sudah mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau makanan padat. Tidak hanya itu, kecepatan makan dan aktifitas fisik bayi pun mempengaruhi.

Untuk mencegah si kecil mengalami sembelit atau konstipasi, anda harus tahu beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya sembelit pada bayi seperti berikut ini :

  • Sereal beras

Sereal beras merupakan makanan padat pertama untuk bayi yang diberikan orangtua. Sayangnya, makanan ini dapat menyebabkan sembelit. Meski demikian, Anda mungkin dapat mencoba selai dan sereal oatmeal, karena makanan ini mengandung lebih banyak serat. Tambahkan juga sedikit jus prem pada sereal untuk membantu mencegah sembelit.

  • Pisang dan saus apel

Walaupun rasanya enak, pisang dan saus apel dapat menyebabkan sembelit. Anak yang kesulitan buang air besar dapat mengkonsumsi pir, prem, plum dan buah persik. Sama seperti sayuran, buah-buahan ini baik untuk sistem pencernaan.

  • Makanan lainnya penyebab feses keras

Beberapa orangtua memberi anak mereka makanan cepat saji, seperti kentang goreng dan chicken nugget atau burger. Makanan olahan dan tinggi lemak dapat memicu sembelit. Sama halnya dengan makanan cepat saji, makanan sarat gula seperti soda, kue, es krim dan permen, juga menyebabkan sembelit. Jika anak mengalami sembelit, sebaiknya hindari juga konsumsi keju untuk sementara.

Tips Yang Bisa Anda Jalankan

Ketika bayi mulai diberi makanan padat, sajikan satu jenis makanan setiap 2-3 hari. Hal ini akan memudahkan Anda mengetahui jenis makanan yang tidak cocok untuk bayi (misalnya makanan pemicu sembelit atau alergi). Untuk bayi yang mengalami sembelit, berikan asupan air minum sebanyak 2 ons, 2 kali sehari. Namun ingat! Air tidak dapat mengganti peran susu formula atau ASI. Ahli gizi berpendapat bahwa makanan bayi yang dibuat sendiri mengandung lebih banyak serat daripada makanan botol instan.

Itu dia sederet Makanan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit Pada Bayi beserta tips yang bisa anda jalankan untuk mencegah sembelit. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda. Semoga bermanfaat..

Baca Juga : Makanan Pemicu Sembelit Yang Harus Segera Dihindari | Obat Sembelit Herbal Yang Paling Ampuh

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit Pada Bayi

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Sembelit Pada Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *