Seperti yang diketahui, telur merupakan sumber protein yang tinggi. Satu butir telur rebus berisi enam gram protein. Namun jika anda tak suka telur tidak perlu khawatir. Anda masih bisa membangun otot dengan nutrisi yang didapatkan dari sumber protein selain telur. Untuk itu kenali Makanan Sumber Protein Selain Dari Sebutir Telur

Makanan Sumber Protein Selain Dari Sebutir Telur

Makanan Sumber Protein Selain Dari Sebutir Telur | Protein merupakan salah satu zat gizi penting untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima. Untuk itu perlu diketahui jenis-jenis makanan yang mengandung protein yang dapat mendukung kesehatan.

Protein terdapat dalam tiap sel tubuh manusia. Zat ini dibutuhkan oleh manusia untuk membantu tubuh memperbaiki sel dan memproduksi sel yang baru. Asupan protein terutama sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan pada masa anak-anak, remaha dan juga pada masa kehamilan.

Sumber Protein Selain Telur

Kebanyakan orang mencari zat protein pada telur. Telur memang dikenal sebagai makanan kaya protein. Namun bukan hanya telur yang bisa menjadi sumber protein, berikut makanan yang bisa menjadi sumber protein selain telur :

  • Greek yogurt

Jika Anda mencari protein, yogurt Yunani atau Greek yogurt polos bebas lemak adalah jawabannya. Dalam Greek yogurt ini terdapat 2 kali protein lebih banyak dibanding yogurt biasa. Teksturnya pun lebih tebal dan lembut. Greek yogurt bisa menjadi sumber penting dari protein untuk porsi yang relatif kecil. Rasanya pun lezat meski disajikan polosan, atau bisa juga disertai dengan buah segar atau madu.

  • Kacang kedelai panggang

Kacang kedelai juga termasuk makanan yang memiliki lebih banyak protein daripada telur. Seperempat cangkir camilan ini mengandung 15 gram protein, bersama dengan dosis serat dan potassium yang cukup besar. Ini adalah bahan yang sempurna untuk dimasukkan dalam menu makanan Anda.

Kacang kedelai merupakan salah satu protein tanaman yang mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut Christine Gerbstadt, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, seluruh makanan kedelai adalah pengganti daging yang setara. Tak hanya daging, makanan ini bisa jadi pengganti yang ideal untuk unggas dan telur. 

  • Spirulina kering

Makanan yang memiliki lebih banyak protein daripada telur berikutnya adalah spirulina. Tak hanya mengandung berbagai vitamin, tapi juga sumber protein utama. Protein Spirulina kering dapat mencapai 72 persen, dengan kandungan asam amino yang cukup seimbang, kecuali asam amino yang mengandung sulfur. Kandungan vitaminnya tinggi, terutama vitamin B12.

Spirulina telah digunakan secara tradisional sebagai suplemen alami bagi yang sedang diet ,atau bagi orang yang membutuhkan nutrisi lebih seperti atlet. Hanya dengan dua sendok makan, rumput laut kering ini sudah mengandung delapan gram protein untuk 40 kalori. Menakjubkan, kan? Cobalah percikan spirulina di atas salad, atau konsumsi spirulina bersama sayuran panggang.

  • Biji labu kering

Biji labu mungkin paling dikenal dengan kandungan magnesium yang tinggi. Tetapi, biji labu kering ini juga mengandung protein tinggi yakni 10 gram dalam ukuran satu cangkir kecil.

  • Keju Gruyere

Satu ons keju Gruyere atau Swiss mengandung lebih dari 8 gram protein. Meskipun dalam satu porsi keju mengandung 117 kalori yang normal, keju ini sangat mudah dinikmati karena rasanya yang lezat. Tetapi, Anda tetap harus mengingat jumlah kalori yang ada dalam keju.

  • Quinoa

Quinoa, teknisnya masuk ke dalam keluarga biji-bijian, adalah superfood yang dijagokan oleh banyak pemerhati gizi — ini bukannya tanpa alasan. Per 100 gram, quinoa diperkaya oleh 4 gram protein, serat (2,8 gr), zat besi (1,5 mg), magnesium (64 mcg), mangan (0,6 mcg), dan termasuk semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan, tetapi tidak dapat dihasilkan sendiri. (Karena itulah, quinoa sering disebut sebagai “protein sempurna”).

Quinoa adalah alternatif pengganti nasi yang baik, dan juga fleksibel untuk dimasukkan ke dalam muffin, gorengan, kue-kue kering, sup, topping sereal sarapan oatmeal, atau sebagai taburan mengenyangkan di salad saat makan siang.

  • Chickpea (kacang Arab)

Juga dikenal sebagai kacang garbanzo, kacang-kacangan ini dapat ditaburkan ke salad, goreng dan asinkan untuk camilan renyah, atau lumatkan menjadi hummus (cukup proses segenggam kacang Arab bersama beberapa rempah dan tahini atau minyak almond ke dalam blender hingga halus).

Kacang Arab adalah sumber protein yang cukup tinggi, yaitu 9 gram protein per 100 gram. kacang ini juga merupakan sumber makanan yang baik dari serat pangan (8 gr), folat (172 mcg), dan mangan (1 mcg). Kacang Arab rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium.

Baca Juga : Fakta Menarik Seputar Saluran Pencernaan Manusia

Nah itulah Makanan Sumber Protein Selain Dari Sebutir Telur. Sangatlah penting untuk memperhatikan asupan protein yang memadai sesuai kebutuhan setiap hari. Dalam memilih makanan yang mengandung protein, sebaiknya pilih pula yang rendah lemak dan kalori. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, terutama jika Anda akan mencoba pola makan baru.

| Makanan Sumber Protein Selain Dari Sebutir Telur |

Makanan Sumber Protein Selain Dari Sebutir Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *