Sembelit merupakan gangguan pencernaan akibat pola makan yang tidak benar dan kurang minum air putih. Sembelit, juga bisa disebabkan karena makanan yang salah. Lantas apa saja Makanan Pemicu Sembelit Yang Harus Segera Dihindari

Makanan Pemicu Sembelit Yang Harus Segera Dihindari

Makanan Pemicu Sembelit Yang Harus Segera Dihindari | Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Sembelit sungguh membuat rasa tidak nyaman. Perut jadi begah, makan pun rasanya tak nikmat.

Banyak hal yang memicu munculnya sembelit antara lain, kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, stres atau depresi dan aktivitas yang cukup padat, pengaruh hormon dalam tubuh (misalnya karena menstruasi), kelainan anatomis pada sistem pencernaan, dan gaya hidup dan pola makan yang kurang teratur (seperti diet yang buruk). Makanan memang menjadi salah satu aktor pencetus terbesar dari sembelit. Ada beberapa makanan populer yang harus Anda hindari jika Anda ingin jauh dari sembelit. Berikut diantaranya :

  • Cokelat

Coklat sangat tidak disarankan, terutama bagi orang yang menderita sindrom iritasi usus (IBS). Diduga bahwa sejumlah besar lemak dalam coklat dapat memperlambat proses pencernaan. Hal ini dicurigai dapat memperlambat kontraksi otot (peristalsis) yang membuat makanan bergerak melalui usus.

Dalam suatu studi, peneliti di Jerman meminta orang-orang yang memiliki sembelit menyebutkan nama makanan yang menurut mereka menyebabkan sembelit. Coklat paling sering disebutkan.

  • Produk susu

Dalam jumlah besar, produk susu, seperti susu dan keju, dapat menyebabkan banyak orang terkena sembelit. Tidak diketahui apakah itu adalah karena susu itu sendiri atau jika itu adalah kombinasi dari kedua hal tersebut. Namun, laktosa dalam susu dapat menyebabkan gas dan kembung meningkat.

Satu studi anak-anak Iran, usia 1-13 tahun, menemukan bahwa produk susu bisa menjadi penyebab sembelit mereka. Hampir semua anak-anak (80%) yang mengurangi konsumsi susu dan produk susu sapi dari menu makanan mereka memiliki buang air besar lebih teratur.

  • Daging merah

Ada banyak alasan untuk tidak makan banyak daging merah. Salah satunya adalah makan sebagian besar daging merah dapat membuat Anda sembelit. Sejumlah hal yang membuat sembelit karena daging merah adalah tingginya kadar lemak, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk saluran pencernaan memprosesnya. Daging juga memiliki serat protein keras yang sulit dicerna perut Anda. Selain itu, daging merah kaya akan zat besi, yang bisa menyebabkan sembelit.

  • Pisang

Pisang adalah sebuah teka-teki ketika masuk dalam daftar makanan yang harus dihindari agar tidak sembelit. Ini dilemanya: pisang mentah dapat menyebabkan sembelit, tapi pisang matang dapat membantu meringankan sembelit.

Pisang hijau menyebabkan sembelit karena mereka masih memiliki banyak pati, yang sulit dicerna tubuh. Pisang juga mengandung pektin (serat) yang mengeluarkan air dari usus menuju pup Anda.

  • Kafein

Seperti pisang, kafein juga bisa menjadi stimulan yang bisa merangsang kita buang air besar. Tetapi, jika Anda mengalami dehidrasi, Anda mungkin menemukan bahwa kafein dalam kopi, teh hitam, dan cokelat hanya akan membuat sembelit Anda semakin tidak enak atau memburuk.

  • Makanan olahan

Apakah itu adalah makanan beku atau burger dan pizza, makanan ini akan membuat pagi hari Anda terasa sulit terutama saat harus buang air besar. Pada beberapa makanan yang diawetkan dan siap saji, nutrisi penting yang terkandung pada makanan tersebut akan hilang. Makanan olahan memiliki sedikit serat, dan apabila makanan ini dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu lama maka akan membuat sistem pencernaan tidak nyaman.

  • Biskuit

Biskuit adalah makanan yang tinggi gula dan lemak. Makanan ini mungkin akan lebih nikmat jika disajikan bersamaan dengan teh atau kopi, tapi kandungan seratnya sangat kurang. Gula dapat memicu timbunan lemak di paha Anda, tetapi juga dapat menjadi penyebab sembelit. Untuk mengatasinya, sebaiknya imbangi dengan asupan serat, bisa dari buah atau sayuran.

  • Makanan berminyak

Keripik dan makanan cepat saji memang sangat menggoda bahkan untuk mereka yang bertekad mengadopsi pola makan sehat. Tetapi makanan tinggi akan minyak dan asin dapat membawa Anda pada risiko lebih tinggi terkena beberapa masalah kesehatan pencernaan, terutama bila Anda memasuki peralihan dari usia 20-an ke 30-an. Makanan yang digoreng dan direndam dalam minyak seperti kentang goreng dapat memperlambat proses pencernaan. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat memerangi kecanduan anda dengan memastikan cukup minum air dan makan sayuran sebelum atau sesudahnya.

  • Es krim

Es krim memiliki hampir tidak memiliki serat sehingga dapat memicu sembelit. Ditambah dengan kandungan gula dan susu dalam es krim yang rentan menyebabkan susah buang air besar.

  • Terlalu banyak makan nasi

Nasi memiliki banyak kandungan pati. Dan pati adalah bertindak sebagai pengikat dari tinja sehingga, makan terlalu banyak nasi dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan sembelit.

  • Kue kering

Kue kering sangat rendah akan serat dan cairan. Dan Anda sudah tahu bahwa serat dan cairan adalah dua hal yang Anda butuhkan untuk dapat buang air besar secara teratur dan lancar. Juga, ditambah dengan kandungan soda yang dapat mengacaukan sistem pencernaan tubuh.

Itulah sederet Makanan Pemicu Sembelit Yang Harus Segera Dihindari. Buang air besar yang tidak lancar dapat berujung pada peningkatan risiko penyakit, seperti kanker, ambeien, dan tumor. Jika Anda tidak ingin terkena penyakit tersebut, batasi konsumsi makanan yang dapat memicu sembelit

Selain menghindari makanan diatas, untuk mencegah ataupun mengatasi sembelit anda bisa menggunakan obat herbal yang ampuh mengatasi sembelit dengan cepat dan tanpa efek samping satu-satunya adalah hanya dengan Koloklin Capsule yang merupakan obat herbal yang diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan termasuk efektif untuk dijadikan obat herbal sembelit. Untuk informasi lengkapnya dan untuk pemesanan anda bisa memesan di Alfian Herbal dengan mengirimkan pesan melalui nomor kontak kami yang ada disebelah kanan halaman ini.

Baca Juga : Sebaiknya Hindari Menggunakan Tisu Pada Dudukan Toilet | Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Makanan Pemicu Sembelit Yang Harus Segera Dihindari

Makanan Pemicu Sembelit Yang Harus Segera Dihindari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *