Penyalahgunaan narkoba sudah pasti dapat menyebabkan kecanduan pada otak. Secara ilmiah, kecanduan diartikan sebagai penyakit otak yang berkembang dari waktu ke waktu akibat NAPZA atau narkoba. Kenali Ciri-Ciri Seseorang Yang Sudah Kecanduan Narkoba, dengan menyimak informasinya dibawah ini.

Kenali Ciri-Ciri Seseorang Yang Sudah Kecanduan Narkoba

Kenali Ciri-Ciri Seseorang Yang Sudah Kecanduan Narkoba | Perkembanan jaman membuat pergaulan orang menjadi semakin bebas. Jika kita tidak berhati-hati saat bergaul dengan orang lain, bisa jadi kita akan terjebak dalam dunia yang tidak sehat atau bahkan berbahaya. Sebagai contoh, banyak orang yang terjebak dalam dunia narkoba karena ternyata mereka salah dalam bergaul. Pada awalnya, mereka tidak menyangka jika temannya ternyata juga pengguna narkoba yang pada akhirnya memancing mereka untuk menggunakannya.

Melihat betapa berbahayanya dampak narkoba dan obat terlarang bagi kesehatan tubuh, ada baiknya kita waspada saat bertemu dengan orang baru. Dilansir dari DokterSehat dan Liputan6.com, berikut adalah beberapa ciri pengguna atau pecandu narkoba yang bisa membuat kita lebih berhati-hati saat bergaul dengannya atau menghindarinya.

  • Kerap mengalami perubahan suasana hati

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ciri-ciri yang paling mudah diketahui dari pecandu narkoba adalah suasana hatinya yang sangat mudah berubah-ubah. Bisa jadi dalam suatu waktu, Ia merasa sangat senang namun dalam waktu sekejap, emosinya berubah menjadi sangat buruk. Perubahan suasana hati dipengaruhi oleh efek narkoba yang ada dalam tubuhnya.

  • Depresi dan euphoria

Mereka yang baru saja menggunakan narkoba bisa saja mengalami euphoria, sensasi bahagia yang berlebihan untuk hal-hal yang sebenarnya biasa saja atau tidak masuk akal. Selain itu, pengguna narkoba juga ada yang cenderung mengalami depresi sebagai efek penggunaan narkoba dan baru merasa senang setelah menggunakan obat terlarang ini. Selain itu, banyak pengguna narkoba yang mengalami kecemasan berlebihan jika belum mengkonsumsi obat ini.

  • Perubahan penampilan

Cukup banyak pengguna narkoba yang mengalami perubahan fisik layaknya menjadi lebih kurus, sulit untuk fokus, hidung yang terasa terus gatal, atau muka yang terlihat tirus. Bagi pengguna ganja, sebagian bahkan bisa menjadi lebih gemuk.

  • Mulai melakukan tindakan kriminal

Bagi mereka yang sudah menjadi pecandu narkoba namun tak lagi punya uang untuk mendapatkannya, bisa jadi mereka menjadi lebih kasar dan melakukan tindakan kriminal seperti memaksa orang lain memberikan uang atau bahkan mencuri dan tindakan melawan hukum lainnya.

  • Kecemasan

Rasa cemas yang berlebih juga mulai muncul di hati pecandu. Akibatnya mereka akan merasa gelisah dan dikejar-kejar.

  • Gejala penarikan diri

Gejala penarikan muncul ketika seseorang berhenti memakai narkoba. Gejala ini bisa berupa gejala fisik atau gejala emosional (physical or emotional withdrawal). Contohnya adalah: mudah marah, gelisah, gemetar, berkeringat, mual, atau muntah.

  • Kesulitan mengatur pemakaian

Seseorang yang mencapai taraf kecanduan biasanya kesulitan dalam mengatur pemakaian. Ia akan memakai dalam jumlah yang lebih, serta dalam waktu yang lebih lama dari yang diinginkan. Bagi peminum alkohol, biasanya dia baru bisa berhenti minum setelah jumlahnya lebih dari biasanya. Sekali minum alkohol akan membuat dia ingin minum dan minum lagi.

  • Konsekuensi negatif

Seorang pecandu biasanya akan mengabaikan konsekuensi negatif pada dirinya. Ia akan terus menggunakan meskipun berpengaruh pada suasana hati, harga diri, kesehatan, pekerjaan dan keluarga.

  • Mengabaikan atau menunda kegiatan

Orang yang kecanduan biasanya akan menjadi pemalas. Ia akan menunda atau mengurangi aktivitas sosial, rekreasi, pekerjaan, atau kegiatan rumahtangga. Semua itu terjadi karena ia memakai obat (narkoba).

  • Menghabiskan waktu dan energi secara emosional

Seorang yang telah kecanduan akan menghabiskan banyak waktu penting hanya untuk memakai, menyembunyikan, merencanakan atau mendapatkan kembali obatnya. Dia juga akan menghabiskan banyak waktu untuk berpikir tentang pemakaian obat. Bila berhadapan dengan orang lain biasanya dia menyembunyikan atau meminimalkan penggunaan obat. Dia memikirkan skema untuk menghindari penangkapan.

  • Keinginan untuk menghentikan

Seorang pecandu juga pernah berpikir untuk menghentikan atau mengatur pemakaian obat, tetapi biasanya dia tidak berhasil dalam usahanya tersebut.

Baca Juga : Manfaat Segelas Wine Untuk Kesehatan Tubuh Anda.  Pentingnya Memakai Earplug Saat Nonton Konser

Kenali Ciri-Ciri Seseorang Yang Sudah Kecanduan Narkoba

Kenali Ciri-Ciri Seseorang Yang Sudah Kecanduan Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *