Sudah berolahraga dan mengatur pola makan sebaik mungkin tapi masih saja kalori tidak terbakar dan tidak kunjung turun berat badan? Coba tengok kebiasaan Anda sehari-hari. Karena terdapat Kebiasaan Sehari-Hari Yang Menghambat Metabolisme Tubuh. Apa sajakah itu? simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Menghambat Metabolisme Tubuh

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Menghambat Metabolisme Tubuh | Ada orang yang tubuhnya mudah sekali memproses metabolisme, yang disebabkan oleh faktor genetik. Namun, metabolisme juga dipengaruhi faktor-faktor lain seperti usia, berat badan, dan pola makan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, hindari beberapa kebiasaan yang sering Anda lakukan seperti berikut ini :

  • Malas minum air putih

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar semua organ dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Saat tubuh kekurangan air, maka akan menganggu kelancaran fungsi organ, dan berujung pada terhambatnya pembakaran dalam tubuh. Untuk itu cukupilah konsumsi air putih Anda setiap hari.

  • Ngemil tengah malam

Ngemil di malam hari sama saja dengan menghambat metabolisme tubuh. Untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap optimal, makanlah secara teratur. Pastikan Anda makan maksimal tiga jam sebelum waktu tidur. Anda bisa saja mengonsumsi camilan di sela-sela jam makan Anda, namun pastikan camilan yang Anda konsumsi sehat dan tidak merusak diet Anda.

  • Kurang tidur

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memicu hormon nafsu makan, sehingga akan membuat Anda menjadi sering lapar dan menyebabkan makan lebih banyak di keesokan harinya. Tidurlah minimal 7 jam sehari. Tidur teratur juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

  • Stres

Stres yang berkepanjangan sangat buruk bagi metabolisme tubuh. Saat stres, hormon kortisol akan aktif dan membuat tubuh menjadi lebih mudah menyimpan lemak. Selain itu, stres juga dapat membuat seseorang merasa tidak peduli dengan kesehatannya, sehingga akan makan tanpa kendali dan malas berolahraga. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk menyediakan waktu berlibur.

  • Pola Makan yang salah

Manusia memerlukan makanan sebagai sumber energi, agar tubuh dapat melakukan fungsi-fungsinya engan baik. Mulai dari bernapas, mengatur suhu tubh, mencerna makanan, dan lain sebagainya.

Mungkin dari Anda memiliki kebiasaan tidak sarapan, diet ketat denga porsi mini, makan tidak teratur atau yang lain sebagainya. Apakah Anda tahu semua hal itu bisa menganggu proses metabolisme tubuh Anda.

Agar metabolisme tubuh Anda para ahli kesehatan menyarakan makan tiga kali sehari agar metabolisme bisa bejalan dengan lancar dalam tubuh. Selain itu porsi makan juga tidak bole terlalu sedikit.

Porsi yang terlalu sediki akan menyebabkan tubuh kekurangan energi untuk mejalankan fungsi-fungsinya. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telu, daging, ayam,tahu, tempe, dan lain sebaginya.

  • Takut Sinar Matahari

Mempunyai kulit putih mulus mungkin imipian banyak orang, karena ingin memiliki kulit putih banyak orang tidak berani terkena sinar matahari. Dan yang menganggap matahari adalah musuh utama untuk kulitnya.

Pasalnya sinar matahri dapat membantu tubuh mendapatkan vitamin D yang cukup. Vitmin D berperan dalam metabolisme tubuh, agar tidak terjadi pemecahan jaringan otot. Untuk hasil terbaik, Anda disarankan setidaknya terpapar sinar matahari 30 menit pada pukul sekitar 6 pagi sampai jam 9 pagi, karena pada waktu itu sinar matahri baik untuk tubuh Anda.

  • Waktu Tidur yang Kurang

Banyak bergadang tak disadari banyak orang kalau ternyata bisa menganggu metabolisme tubuh. Kurang tidur bisa mengakibatkan tubuh menggunakan lebih sedikit energi saat beristirahat. Karena itu, Anda sebaiknya tidur setidaknya 7-8 jam sehari.

Saat metabolisme rendah, maka pembakaran energi yang menggunakan kalori akan menurun. Karena itu, wajar saja bila berat badan bisa meningkat.

Baca Juga : Penyebab Berat Badan Bertambah Selain Karena Makanan

 | Kebiasaan Sehari-Hari Yang Menghambat Metabolisme Tubuh |

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Menghambat Metabolisme Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *