Saat menjaga kesehatan selama berpuasa, sangat penting untuk mengatur makanan yang dikonsumsi selama berbuka dan sahur. Terutama yang harus diperhatikan adalah Jenis Makanan Sehat Yang Wajib Ada Ketika Sahur sebelum Anda berpuasa selama sehari penuh.

Jenis Makanan Sehat Yang Wajib Ada Ketika Sahur

Jenis Makanan Sehat Yang Wajib Ada Ketika Sahur | Saat bulan Ramadhan datang, semua umat muslim diseluruh dunia serentak menjalankan ibadah puasa. Puasa adalah ibadah dimana umat muslim dilarang untuk makan dan minum serta berbuat buruk yang dapat membatalkan puasa. Tidak makan dan minum ini dimulai sejak matahari terbit hingga terbenamnya matahari.Sehingga wajar jika saat menjalani ibadah puasa seringkali merasakan kelaparan. Namun hal ini tidak dijadikan alasan untuk tidak berpuasa. Apalagi bermalas-malasan saat menjalani rutinitas dengan alasan berpuasa.

Nah untuk menjaga stamina dan kebugaran, memang ada tips-tipsnya agar menjalankan ibadah puasa bisa tidak terasa. Hal ini tentunya sangat berhubungan dengan menu makanan yang disantap waktu berbuka atau sahur. Untuk waktu sahur memang dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi. Karena waktu sahur merupakan hal yang sangat penting untuk acuan dalam menjalankan aktivitas seharian hingga waktu berbuka. Lalu apa saja menu yang harus hadir saat sahur ??

Menu Yang Wajib Hadir Saat Sahur

  • Makanan dengan karbohidrat kompleks

Dr Farouk Haffejee dari Islamic Medical Association of South Afrika merekomendasikan makanan yang tahan lama dan tak mudah membuat Anda lapar, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hal yang sama juga direkomendasikan oleh Jennifer Andrews dari Livestrong.com.

Karbohidrat adalah ‘bensin’ utama yang digunakan tubuh dan otak untuk melakukan aktivitas fisik maupun mental. Kekurangan karbohidrat akan membuat Anda mudah lelah, lemah, serta kesulitan berpikir. Tak hanya itu, kurang karbohidrat mempengaruhi mood dan membuat Anda mudah marah.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah gandum utuh, buah-buahan, sayur, biji-bijian, produk kedelai, susu, dan acar.

  • Makanan dengan cairan

Hal kedua yang terpenting adalah menjaga cairan dalam tubuh agar tetap stabil. Dengan kata lain Anda harus mengonsumsi banyak air atau makanan yang mengandung cairan. Selama berpuasa sehari tanpa minum air bukan hal yang main-main. Anda harus merencanakan dengan baik kebutuhan cairan tubuh Anda.

Pastikan Anda mengonsumsi air yang cukup, makan makanan yang mengandung air seperti sup dan lainnya, serta mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air. Ini akan sangat membantu tubuh Anda selama berpuasa. Selain itu, jangan mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik dan mudah menghilangkan cairan tubuh seperti kopi dan soda.

  • Kurma

Bagi umat Islam, berbuka dengan kurma adalah sunnah. Faktanya, secara ilmiah, kurma memang memiliki banyak manfaat. OrganicFacts.net mengungkap bahwa kurma mengandung serat yang tinggi dan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan serta gerakan lambung dan usus. Kurma juga bisa mencegah konstipasi dan melancarkan buang air besar

  • Makanan sumber protein

Sumber protein juga penting dipenuhi saat sahur. Protein diperlukan untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh Anda. Selain itu, protein juga diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga, Anda tidak mudah sakit walaupun sedang puasa.

  • Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan juga tak kalah penting Anda konsumsi saat sahur. Keduanya mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan Anda, seperti kalium, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Banyak vitamin dan mineral yang berperan dalam berbagai metabolisme dalam tubuh.

  • Air putih

Tak ketinggalan, air juga Anda perlukan untuk memperlancar pencernaan Anda, memperlancar metabolisme tubuh, menjaga hidrasi tubuh, dan masih banyak lagi manfaat air lainnya untuk kesehatan Anda. Kebutuhan air yang tercukupi dapat membantu Anda menjalankan ibadah puasa dengan lancar. 

Baca Juga : Tips Agar Tubuh Tak Gampang Sakit Selama Berpuasa

Itu dia beberapa Jenis Makanan Sehat Yang Wajib Ada Ketika Sahur. Pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka tak jauh berbeda dengan makanan sehari-hari dan tidak berlebihan. Sekian dan semoga bermanfaat.
Terus kunjungi situs agen resmi Koloklin Capsule ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya.

| Jenis Makanan Sehat Yang Wajib Ada Ketika Sahur |

Jenis Makanan Sehat Yang Wajib Ada Ketika Sahur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *