Kekambuhan wasir yang mengintai pria maupun wanita tentunya cukup menyakitkan juga menghalangi berbagai aktivitas. Maka dari itu penting untuk anda ketahui penanganan tercepat saat wasir kambuh. Nah, Ini Yang Harus Anda Lakukan Ketika Wasir Kambuh

Ini Yang Harus Anda Lakukan Ketika Wasir Kambuh

Ini Yang Harus Anda Lakukan Ketika Wasir Kambuh | Karena anusnya meradang, penderita wasir atau ambeien pun jadi susah buang air besar. Jangankan buang air besar, mereka pun rata-rata jadi susah duduk dan melakukan aktivitas lain. Saking menyiksanya, penderita wasir biasanya berusaha keras agar penyakitnya itu tidak kambuh.

Namun nyatanya wasir bisa kambuh karena sejumlah alasan.

Wasir itu dapat kambuh bisa karena kita tidak menjaga pola makan. Pola makan yang sembarang tentu saja dapat memicu terjadinya wasir. Akibat pola makan yang tidak dijaga, kita bisa saja sembelit hingga akhir jadi susah saat melakukan BAB,” terang dr. Ayu Yuni Andini, dokter umum dari Klinik Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Karena susah BAB, kan biasanya orang mengejan terlalu keras, memaksakannya. Akibat dari itulah yang membuat terjadinya peradangan pembuluh yang bisa mengakibatkan wasir,” sambungnya.

Bila sesekali mengejan saat BAB mungkin tak jadi soal, namun dr Ayu menegaskan jika kondisi seperti ini sering terjadi, tentu ambeien akan sering kambuh.

Lalu benarkah makanan yang dikatakan ‘panas di perut’ juga bisa memicu wasir?

Makanan panas di perut, seperti daging kambing, biasanya memang merupakan salah satu makanan yang akan merangsang wasir. Hal ini balik lagi ke pola makan kita, Maka dari itu, jika kita pernah mengalami wasir, sebaiknya hindari makanan-makanan yang merangsang perut seperti itu. Disarankan sekali untuk menjauhinya,” ujar dr Ayu.

Seperti dilansir BBCNews, pantangan bagi si penderita wasir antara lain:

  • Menghindari makanan yang bersifat panas dan mengandung lemak (penyebab sembelit) seperti makanan pedas, daging, jeroan dan junk food.
  • Menjauhi minuman yang justru menyebabkan dehidrasi seperti alkohol.
  • Tidak menahan hasrat ingin BAB dan jangan terburu-buru.
  • Tidak mengonsumsi penyebab konstipasi atau sembelit seperti obat penghilang rasa sakit yang mengandung kodein.
  • Tidak mengonsumsi garam secara berlebihan dalam makanan, karena ini dapat menyebabkan penyusutan cairan dalam tubuh, pembengkakan di seluruh pembuluh darah hingga memperparah wasir.
  • Tidak duduk atau berdiri dalam waktu lama saat bekerja. Begitu juga tidak terlalu sering mengangkat beban berat.

Baca Juga : Wanita Depresi Berisiko Tinggi Alami Kematian Dini

Penderita wasir sendiri baru bisa dioperasi jika tingkat keparahan wasirnya sudah tinggi. Namun perlu diingat bila operasi itu tidak semata-mata mencegah kambuhnya wasir.

Seperti yang sudah saya bilang tadi, apabila kita tidak menjaga pola makan, ya mungkin saja wasir akan kambuh lagi. Operasi itu memang menghilangkan, namun tidak berarti juga mengantisipasi risiko kambuh lagi. Cara mengantisipasinya ya dengan menjaga pola makan,” tegasnya.

Sekian informasi mengenai penanganan saat wasir kambuh yang dilansir dari detikhealth. Terdapat juga cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk mencegah wasir kembali yaitu dengan cara menggunakan obat herbal QnC Jelly Gamat. Obat ini sudah terbukti ampuh dapat mengobati wasir / ambeien sampai tuntas dengan cepat sekaligus ampuh dalam mencegah wasir kambuh kembali. Informasi dan pemesanan silahkan klik >> Obat Ambeien Herbal <<

Ini Yang Harus Anda Lakukan Ketika Wasir Kambuh

Ini Yang Harus Anda Lakukan Ketika Wasir Kambuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *