Meskipun makanan tidak dapat benar-benar menyebabkan atau memicu radang usus buntu, ada makanan tertentu yang dapat memperburuk masalah usus buntu. Ketahui dan Hindari Makanan Ini Karena Dapat Memicu Radang Usus Buntu

Hindari Makanan Ini Karena Dapat Memicu Radang Usus Buntu

Hindari Makanan Ini Karena Dapat Memicu Radang Usus Buntu | Penyakit usus buntu sudah sering sekali kita dengar. Banyak sekali orang yang menderita penyakit ini, jenis penyakit ini termasuk berbahaya. Tidak heran jika penyakit ini sangat ditakuti oleh banyak orang. Sebenarnya apa itu usus buntu? Usus buntu adalah organ yang berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung pada usus besar, tempat dimana kotoran atau tinja terbentuk.

Hingga saat ini belum diketahui kenapa kita memiliki usus buntu dan jika usus buntu tersebut diangkat juga tidak akan mempengaruhi kesehatan. Akan tetapi jika usus buntu mengalami ciri ciri usus buntu seperti peradangan dan pembengkakan, penyakit ini akan menjadi serius dan dapat menyebabkan komplikasi. Gejala penyakit ini cenderung biasa saja sehingga sering diabaikan oleh banyak orang. Namun jika dibiarkan saja, akan terjadi komplikasi.

Makanan Pemicu Usus Buntu

  • Makanan pedas

Meskipun makanan pedas dapat membuat sumbatan yang menyebabkan radang usus buntu, namun sebenarnya makanan pedas bukanlah masalah utama yang menyebabkan kondisi tersebut. Bagaimanapun, makanan pedas dapat menyebabkan kondisi lain yang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan mungkin menyerupai gejala awal penyakit usus buntu. Makan makanan pedas seperti cabai, paprika pedas, atau saus dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini dapat menyebabkan rasa sakit parah di daerah antara tulang dada dan pusar, disertai dengan mual. Rasa sakit dapat menjadi sangat tidak nyaman, yang mungkin sulit dibedakan dengan gejala usus buntu.

Jika Anda menduga bahwa itu adalah kondisi usus buntu, maka carilah bantuan medis segera. Kondisi usus buntu tidak akan pergi dengan sendirinya kecuali ada bantuan perawatan medis. Jika Anda rentan terhadap gangguan pencernaan yang menyakitkan setelah makan makanan pedas, maka Anda harus membatasi kuantitas dan frekuensi konsumsi makanan tersebut.

  • Popcorn

Seperti yang kita ketahui, makanan yang tersumbat adalah salah satu penyebab radang usus buntu. Potongan kecil makanan dapat memblokir permukaan rongga yang membentang di sepanjang usus buntu, dan itu dapat mengakibatkan pembengkakan dan pembentukan nanah. Potongan kecil makanan yang menyumbat permukaan akan membuat bakteri terbentuk di dalam usus buntu. Jika tidak diobati, radang akan menyebabkan usus buntu pecah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh.

Dalam hal yang berkaitan dengan popcorn, Anda bisa saja menelan biji popcorn secara tidak sengaja, dan membuat biji tersebut mencapai permukaan rongga yang membentang di sepanjang usus buntu Anda. Dan itu dapat menyebabkan usus buntu, meskipun hal ini kurang umum terjadi. Selain biji popcorn, popcorn yang belum dikunyah secara menyeluruh juga dapat menyebabkan penyumbatan, yang mengarah ke radang usus buntu.

  • Makanan rendah serat

Meningkatnya konsumsi makanan cepat saji, yang tinggi karbohidrat dan rendah serat dapat meningkatkan kontribusi dalam peningkatan kasus radang usus buntu. Dalam studi kasus terkontrol di Yunani yang bertujuan untuk menyelidiki peran serat dan pengaruhnya pada usus buntu, peneliti melibatkan 203 anak yang telah terbukti secara riwayat keluarga mengalami radang usus buntu, dan 1922 anak yang tidak memiliki riwayat radang usus buntu. Studi ini menekankan bahwa anak-anak dengan radang usus buntu memiliki asupan serat yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memilikinya.

Dalam studi kasus terkontrol lainnya yang dilakukan di Amerika Serikat, dinemukan bahwa anak-anak yang memiliki persentase asupan serat lebih dari 50% memiliki risiko 30% lebih rendah terkena radang usus buntu, dibandingkan dengan akan yang memiliki persentase rendah. Selain itu, konsumsi gula dan makanan manis yang besar dapat menyebabkan sembelit dan meningkatkan pemaparan infeksi, yang pada akhirnya menyebabkan penyakit usus buntu.

  • Daging

Sistiserkosis (penyakit yang disebabkan oleh cacing pita pada babi) dan Taeniasis (penyakit akibat cacing pita dari sapi dan babi) terus menjadi masalah kesehatan utama di negara-negara berkembang. Manusia adalah satu-satunya makhluk yang bisa terinfeksi akibat mengonsumsi telur dari spesies Taenia (cacing pita) pada daging (terutama daging babi dan sapi). Meskipun kasus ini jarang dilaporkan, namun ada satu kasus yang telah diketahui para peneliti. Terjadi di Nepal, seorang wanita berusia 38 tahun mengeluh nyeri akut pada perut. Dan setelah dioperasi dan didiagnosis, ia menderita radang usus buntu gangren akibat mengonsumsi daging yang mengandung telur cacing pita. Oleh karena itu, daging juga bisa jadi salah satu penyebab usus buntu, meskipun hanya sebagai perantara.

Demikian informasi mengenai sederet makanan yang dapat memicu usus buntu. Nah, kita tentunya tidak mau bukan terserang penyakit usus buntu? Untuk itu kurangi konsumsi dan hindari makanan diatas untuk mencegah usus buntu. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Obat Herbal Radang Usus Buntu | Risiko Dan Bahaya Menggunakan Behel Gigi Bagi Kesehatan

Hindari Makanan Ini Karena Dapat Memicu Radang Usus Buntu

Hindari Makanan Ini Karena Dapat Memicu Radang Usus Buntu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *