Kehilangan istri atau ibu dalam proses melahirkan tentunya merupakan kenyataan pahit bagi seluruh keluarga. Namun faktanya hal ini tak jarang terjadi. Menurut WHO, kematian ibu saat melahirkan seringkali disebabkan oleh adanya komplikasi saat kehamilan dan proses melahirkan. Untuk itu ketahui apa sajakah Faktor Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa tercampur bahan kimia. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Faktor Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan

Faktor Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan

Faktor Penyebab Utama Kematian Ibu Saat MelahirkanKematian saat melahirkan adalah kasus yang serius. Pada tahun 2013, diperkirakan 289.000 wanita meninggal dunia saat persalinan, turun dari 523.000 pada tahun 1990. Tapi saat ini, 800 wanita setiap harinya masih sekarat karena komplikasi kehamilan dan persalinan di seluruh dunia, setara dengan 33 kasus per jam.

Pada akhir tahun 2015 saja, WHO melaporkan setidaknya 303,000 wanita di seluruh dunia meninggal menjelang dan selama proses persalinan. Di Indonesia sendiri, sepanjang tahun 2011-2015 terdapat 126 kasus kematian ibu tiap 100,000 proses persalinan sukses.

Angka kematian ibu melahirkan di negara kita termasuk nomor tinggi di bandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Keadaan yang memang harus menjadi perhatian pemerintah dan juga kita semua untuk turut andil dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) ini yang tentunya juga berkaitan erat dengan pengetahuan masyarakat sendiri dan juga pelayanan serta fasilitas kesehatan yang tersedia di masyarakat.

bagaimana hal tersebut bisa terjadi??

Angka yang ditunjukkan oleh WHO tahun 2008 menyatakan bahwa perdarahan saat persalinan adalah penyebab ketiga paling umum dari kematian ibu di negara-negara berpenghasilan rendah (setelah HIV/AIDS dan TBC), dan tercatat hingga 58.000 kematian.

Penyebab lainnya antara lain :
  • Eklamsia

Tanda-tanda eklamsia harus pula diketahui untuk mencegah kematian ibu pula. Untuk lebih mengetahui secara lengkap mengenai eklamsia, Anda bisa membacanya di artikel lainnya di DOKTERGAUL.COM tentang eklamsia ini.

  • Sepsis

Pengertian sepsis terutama sepsis karena kehamilan (sepsis maternal) adalah infeksi bakteri yang parah yang terjadi di uterus (rahim) dan terjadi beberapa hari setelah melahirkan. Bakteri penyebab utama penyakit ini adalah Group A Streptococcus (GAS).

  • Infeksi

Proses infeksi ini masuk dalam penyebab tidak langsung penyebab kematian. Infeksi ini biasanya berupa malaria, tuberkulosis dan hepatitis.

  • Gagal Paru

Gagal paru merupakan kegagalan pernapasan akut yang berisiko tinggi menimbulkan kematian. Penyebabnya karena embolisme paru (pulmonary embolism) yang terjadi setelah proses persalinan.

Untuk menghindari kematian ibu, penting juga untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan terlalu dini. Semua wanita, termasuk remaja perempuan, memerlukan akses ke kontrasepsi, layanan aborsi resmi yang dilakukan oleh dokter dan dilindungi hukum untuk kasus-kasus kehamilan yang tidak diinginkan, dan perawatan kesehatan yang terjamin.

Itulah beberapa Faktor Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan atau sesudah melahirkan. Sebaiknya wanita mewaspadai hal-hal di atas sebelum benar-benar melahirkan.

Faktor Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan

Faktor Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *