Sama seperti sistem tubuh lainnya, sistem pencernaan memiliki manfaat vital bagi tubuh. Agar dapat berfungi dengan baik, kerja sistem pencernaan harus didukung oleh sejumlah organ dalam tubuh seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus, hati dan kantong empedu. Selain itu, anda pun harus memperhatikan kesehatan sistem pencernaan agar terbebas dari penyakit termasuk dengan faktanya. Dibawah ini ada beberapa Fakta Menarik Seputar Saluran Pencernaan Manusia

Fakta Menarik Seputar Saluran Pencernaan Manusia

Fakta Menarik Seputar Saluran Pencernaan Manusia | Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dan diolah di berbagai organ sistem pencernaan. Mungkin tanpa Anda sadari, sistem pencernaan yang Anda miliki itu selalu bekerja setiap saat walaupun bukan jadwal makan. Sistem pencernaan sebenarnya mempunyai dua fungsi utama yaitu, mengubah makanan menjadi zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan membersihkan tubuh dari zat-zat yang sudah tidak terpakai lagi. Untuk melakukan tugas tersebut sistem pencernaan memiliki berbagai organ yang memiliki tugasnya masing-masing, yaitu mulut, tenggorokan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum, dan anus.

Mungkin Anda sudah tahu kalau usus manusia berukuran sangat panjang. Tetapi sepanjang apa? Jangan kaget jika usus halus Anda diuraikan kemudian bisa memenuhi lapangan tenis yang memiliki luas sekitar 260 m persegi. Masih banyak fakta menarik lainnya tentang sistem pencernaan, berikut diantaranya :

  • Panjang seluruh sistem pencernaan adalah sekitar 30 meter

Panjang sistem pencernaan orang dewasa bisa mencapai 30 meter yang terbagi menjadi 8 bagian yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil dan usus besar, hati, pankreas, dan kantong empedu.

  • Manusia mengeluarkan 1 liter liur per hari

Produksi air liur adalah proses pertama dari sistem pencernaan. Air liur membantu untuk melunakkan makanan, melembabkan, serta membantu Anda dalam menelan makanan. Manusia memproduksi rata-rata 1 liter liur per hari.

  • Perut orang dewasa bisa menampung 4 liter makanan

Tidak banyak yang tahu bahwa perut orang dewasa bisa menampung 4 liter makanan ketika penuh. Namun normalnya orang dewasa hanya menampung 1-1,5 liter makanan sebab jika terlalu penuh bisa membuat Anda kembung.

  • Ada 2 jenis utama proses pencernaan

Sebenarnya ada 2 jenis utama proses pencernaan makanan. Pertama adalah pencernaan mekanik dimana makanan dipecah secara fisik menjadi potongan yang lebih kecil. Kedua adalah proses pencernaan kimiawi yang membutuhkan enzim untuk mengolah makanan lebih lanjut.

  • Saluran pencernaan pada janin masih sangat bersih

Bakteri adalah penghuni utama dari saluran pencernaan manusia. Terdapat banyak sekali jenis dan jumlah bakteri yang tinggal dalam usus dan membantu sistem pencernaan tubuh. Tetapi ternyata bakteri ini belum ada ketika Anda masih di dalam kandungan ibu. Saat di dalam kandungan, semua saluran pencernaan sangat bersih, bakteri mulai muncul ketika proses kelahiran terjadi dan hari-hari setelah kelahiran.

  • Asam lambung mampu membuat kulit terbakar

Lambung menghasilkan asam lambung yang bertugas untuk memecah makanan yang masuk dan membuatnya terurai agar mudah dicerna. Setidaknya asam lambung dihasilkan sebanyak 2 liter per hari. Apakah Anda tahu ternyata saking asamnya, asam lambung bisa menyebabkan permukaan kulit Anda terbakar. Lalu, kenapa lambung tetap baik-baik saja dan tidak terbakar akibat asam lambung yang dihasilkan?

Hal ini terjadi karena lambung memiliki lapisan lendir yang tebal yang berfungsi untuk melindungi permukaan lambung dan mencegah asam lambung berpindah ke bagian lain di tubuh. Terkadang, asam lambung yang dihasilkan tubuh terlalu banyak bisa naik hingga kerongkongan yang sebenarnya tidak memiliki lapisan lendir tebal seperti lambung. Kondisi ini menimbulkan perasaan seperti rasa terbakar dan panas pada kerongkongan serta perut (heartburn).

  • Anda memiliki detergen atau sabun pembersih di dalam perut

Faktanya, di dalam sistem pencernaan Anda, terdapat asam empedu yang dianggap sebagai deterjen atau sabun pembersih dalam tubuh. Asam empedu adalah cairan yang dihasilkan oleh hati. Tanpa ‘deterjen’ ini, Anda tidak bisa mencerna dan menyerap lemak yang ada di dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Cara kerja asam empedu sama dengan deterjen, yaitu ‘membersihkan’ lemak yang masuk dicampur dengan cairan dan kemudian dimetabolisme oleh enzim lalu diserap ke pembuluh darah.

  • Kentut bau akibat bakteri di dalam usus

Kentut adalah hal yang normal terjadi pada setiap orang. Ketika Anda makan atau minum sesuatu, secara tidak sadar Anda juga menelan udara sekitar. Gas dari udara yang masuk melalui mulut ini yang kemudian menjadi kentut. Pada dasarnya bau kentut berbeda-beda pada setiap orang. Bau kentut ternyata dihasilkan oleh bakteri baik dalam usus. Saat makanan masuk ke dalam usus, bakteri yang bertugas untuk mencerna, memecah, serta menyerap zat gizi dari makanan tersebut.

Proses mencerna makanan yang dilakukan bakteri ini membuat bakteri menghasilkan asam dan asam ini yang menjadikan kentut berbau. Semakin berat kerja bakteri dalam mencerna makanan maka semakin banyak asam yang dihasilkan. Sehingga, kentut yang keluar nantinya akan semakin bau.

  • Perut adalah otak kedua manusia

Ternyata, manusia tidak hanya memiliki satu otak saja. Usus juga disebut sebagai otak kedua manusia karena usus dapat mendeteksi apa yang sedang Anda rasakan dan mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Sebenarnya, di dalam usus terdapat bakteri baik yang berhubungan langsung dengan otak. Ketika Anda merasa tertekan atau tegang, maka otak akan menstimulasi bakteri baik di dalam perut dan akhirnya timbul rasa mual dan mulas secara tiba-tiba.

  • Air liur menjaga kesehatan mulut

Air liur diproduksi oleh kelenjar air liur sebanyak 1,2 liter per hari. Air liur ini bersifat melindungi, karena memiliki peran untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. Selain itu, air ludah juga mengandung enzim yang berguna untuk memecah makanan yang masuk ke mulut. Bahkan, air liur juga mengandung kalsium dan fosfat yang berfungsi untuk menjaga kekuatan gigi.

  • Makanan tidak memerlukan gravitasi untuk membuatnya masuk ke dalam perut

Ketika Anda makan sesuatu, makanan tersebut tidak dengan mudah masuk dan jatuh ke dalam perut, karena dalam hal ini gravitasi tidak berlaku. Otot yang ada pada tenggorokan melakukan gerakan meremas-remas yang bertujuan untuk mendorong makanan masuk hingga ke lambung. Gerakan ini disebut dengan gerakan peristaltik. Walaupun Anda makan dengan keadaan terbalik atau berada di luar angkasa – yang tidak ada gravitasi sama sekali – makanan tetap bisa masuk ke dalam tubuh.

  • Lambung bukan pusat pencernaan

Banyak orang percaya pusat pencernaan ada di lambung. Padahal di lambung makanan hanya diubah menjadi molekul-molekul kecil, yang penting dalam proses menyuplai zat-zat yang dibutuhkan ke aliran darah. Usus kecillah yang bertugas paling besar dalam pencernaan.

  • Permukaan usus kecil luas

Meski bentuknya kecil, dengan panjang sekitar 7 meter dan diameter 2,5 cm, bila dibelah dan dihamparkan, permukaan usus kecil sangat luas, yakni 250 meter persegi atau seluas lapangan tenis. Pasalnya, bagian dalam usus kecil berlipat-lipat dan terdiri dari bagian-bagian lain yang lebih kecil dan memiliki fungsi masing-masing, seperti villi dan microvilli.

  • Lambung melindungi diri sendiri

Sel-sel pada dinding dalam lambung memproduksi asam hidroklorik setiap hari, yang membantu membunuh bakteri dan membantu proses pencernaan. Asam hidroklorik juga biasa digunakan untuk meluruhkan karat pada besi. Untuk melindungi diri dari cairan korosif ini, lambung memiliki lapisan mucus. Sayangnya, mucus tak bisa terus bertahan dari cairan lambung sehingga setiap dua minggu terbentuk lapisan baru.

Baca Juga : Alasan Kimchi Dinobatkan Sebagai Makanan Paling Sehat

Nah itulah Fakta Menarik Seputar Saluran Pencernaan Manusia. Sistem pencernaan berperan sangat penting pada tubuh, untuk itu wajib bagi anda untuk menjaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan pencernaan, kami merekomendasikan Koloklin Capsule Green World yang merupakan obat herbal yang diformulasikan khusu untuk mencegah dan mengatasi semua masalah pada sistem pencernaan. Untuk informasi dan pemesanan silahkan menghubungi nomor kontak kami seperti yang tertera disebalah kanan halaman ini.

| Fakta Menarik Seputar Saluran Pencernaan Manusia |

Fakta Menarik Seputar Saluran Pencernaan Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *