Daftar Makanan Yang Baik Dan Buruk Untuk Pencernaan | Agar tidak terjadi masalah dalam sistem pencernaan, Anda perlu bersikap selektif dalam memilih makanan. Makanan tertentu dapat bersifat baik dan buruk terhadap kesehatan pencernaan Anda. Nah dibawah ini adalah informasi mengenai Makanan Sehat Yang Baik Dan Buruk Untuk Pencernaan, selamat membaca..

Daftar Makanan Yang Baik Dan Buruk Untuk Pencernaan

Daftar Makanan Yang Baik Dan Buruk Untuk Pencernaan — Memilih makanan yang baik bagi perut adalah kunci utama seseorang menjaga kesehatan badan secara keseluruhan. Jaman sekarang, akibat tuntutan pekerjaan yang membuat seseorang bekerja serba cepat dan loyal, maka sebagian besar dari mereka kurang memperhatikan makanan yang mereka makan, dan ini berkaibat pada kesehatan pencernaan mereka.

Jalan terbaik yakni meningkatkan kesehatan sistem pencernaan agar perut kita terjaga dari gengguan penyakit yang menyerang.

Makanan Yang Buruk Untuk Pencernaan

  • Makanan Berlemak Dan Gorengan

Kedua makanan ini dapat menyebabkan refluks asam dan membuat perut mulas. Makanan yang mengandung lemak dalam jumalh yang tinggi dapat menyebabkan tinja berwarna pucat (steatorrhea). Orang yang memiliki sindrom iritasi usus harus menghindari makanan tinggi lemak, termasuk mentega dan krim karena dapat menyebabkan masalah pencernaan.

  • Cabai

Masakan pedas karena terlalu banyak cabai dapat mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan rasa mulas di perut. Orang yang menderita sindorm iritasi usus besar atau memiliki maag kronis, disarankan untuk tidak makan makanan yang teralalu pedas.

  • Susu

Susu baik dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi asupan kalsium dalam tubuh anda. Tapi bagi yang tidak toleran terhadap laktosa, susu dapat menyebabkan diare, buang-buang gas, perut kembung dan kram.
Penyakit usus, penyakit Crohn dan kemoterapi dapat merusak usus dan menyebabkan seseorang intoleran terhadap laktosa. Orang dengan masalah tersebut tidak memiliki enzim laktase yang cukup dalam tubuhnya, sehingga tidak mampu memecah laktosa pada susu.

  • Alkohol

Alkohol dapat membuat kerongkongan menjadi lemas dan menyebabkan refluks asam atau mulas. Minum alkohol juga dapat merusak enzim pencernaan tertentu dan mencegah terserapnya nutrisi makanan yang anda makan. Terlalu banyak alkohol juga dapat menyebabkan diare dan kram perut.

  • Coklat

Sebuah studi pada tahun 2005 menunjukan bahwa coklat tidak bisa dikonsumsi oleh orang dengan sindrom iritasi usus besar atau sembelit yang kronis. Coklat juga mengandung kafein yang pada beberapa orang dapat merangsang kram, kembung dan diare.

  • Kopi, Teh dan Minuman Ringan

Kopi, teh dan minuman bersoda bertindak sebagai diuretik, yang dapat menyebabkan diare dan kram. Minuman berkafein dapat menyebabkan masalah pada pencernaan terutama untuk orang dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Jika Anda memiliki GERD atau rasa panas dalam perut, Anda harus menghindari minum teh rasa mint.

  • Jagung

Serat jagung baik untuk anda, tetapi jagung juga mengandung selulosa, jenis serat tidak dapat diurau dengan mudah. Karena tidak tercerna dengan baik, jagung dapat menyebabkan sakit perut dan timbulnya gas di perut.

Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

  • Buah Dan Sayuran

Buah-buahan adalah makanan terbaik untuk pencernaan karena kebanyakan kaya akan serat. Serat alami yang diperoleh dari buah dan sayur juga memberikan manfaat tambahan yang dapat membantu kelancaran buang air besar dan mencegah sembelit.

  • Gandum Utuh

Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti beras merah dan gandum juga mengandung banyak serat. Sehingga gandum termasuk makanan yang baik untuk percernaan, tetapi bagi orang yang memiliki penyakit Celiac atau alergi terhadap gluten harus menghindari konsumsi gandum, karena gandum juga mengandung gluten.

  • Pisang

Buah-buahan jelas memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan, khususnya buah pisang karena tidak mengiritasi perut. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seseorang yang mengalami masalah pencernaan seperti diare atau muntah harus mengkonsumsi pisang.
Pisang adalah makanan yang paling mudah ditoleransi karena rasanya yang cenderung hambar, tidak akan mengiritasi lambung seperti berbagai jenis makanan lainnya. Pisang juga baik untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang akibat aktivitas fisik yang tinggi.

  • Air putih

Air sangat baik untuk pencernaan karena dapat membantu proses pencernaan dengan memindahkan makanan dalam usus.

  • Jahe

Rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan peppermint memiliki manfaat yang besar untuk mengatasi sakit perut. Cobalah untuk minum wedang jahe atau teh peppermint, atau makan permen dengan rasa peppermint untuk membantu melancarkan pencernaan.

  • Makanan probiotik

Probiotik baik untuk sistem pencernaan karena mengandung bakteri baik yang dapat mengimbangi jumlah bakteri jahat yang tinggal dalam usus Anda. Pilihlah makanan sehat yang mengandung probiotik seperti yogurt sebagai bagian dari diet sehari-hari.

  • Makanan prebiotik

Makanan prebiotik mengandung jenis serat probiotik pangan yang diperlukan bakteri baik dalam usus untuk berkembang biak. Jadi prebiotik ini merupakan penyedia makanan bagi bakteri baik, yang dapat ditemukan dalam makanan seperti asparagus, bawang, kacang dan biji-bijian.

Baca Juga : Masalah Pencernaan Yang Sering Terjadi Pada Manusia

Itulah Makanan Sehat Yang Baik Dan Buruk Untuk Pencernaan. Semoga bermanfaat. Terus kunjugni situs ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya, karena kami selaku agen penjualan obat herbal yang menyediakan macam-macam obat, salah satunya menyediakan Koloklin Capsule yakni suplemen herbal untuk menjaga kesehatan pencernaan, akan selalu memberikan informasi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan.

| Daftar Makanan Yang Baik Dan Buruk Untuk Pencernaan |

Daftar Makanan Yang Baik Dan Buruk Untuk Pencernaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *