Perlu anda ketahui bahwa buah yang mengandung serat tinggi dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan melengkapi nutrisi dalam tubuh. Dalam hal pemilihan buah khususnya buah yang mengandung serat terbanyak anda harus selektif karena tidak semua buah berserat tinggi. Nah dibawah ini terdapat Daftar Buah-Buahan Yang Mengandung Serat Terbanyak yang bisa anda pilih untuk dikonsumsi secara rutin.

Daftar Buah-Buahan Yang Mengandung Serat Terbanyak

Daftar Buah-Buahan Yang Mengandung Serat Terbanyak |  Serat sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Serat terbagi atas 2 hal yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut akan mudah dicerna di dalam tubuh namun serat tidak larut akan tetap utuh sampai serat tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kedua jenis serat tersebut mampu mengurangi dan mencegah resiko stroke, hipertensi, dan penyakit jantung. Ada banyak makanan alami yang mengandung banyak serat seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan. Berikut adalah beberapa buah yang mengandung serat tertinggi dibandingkan dengan buah yang lain.

  • Apel

Apel merupakan buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Bahkan ada ungkapan yang menyebutkan bahwa ‘an apples a day keeps the doctor away’, yang berarti bahwa dengan mengonsumsi sebutir apel secara rutin maka Anda akan terhindar dari banyak masalah kesehatan. Sumber serat buah apel ternyata tidak hanya di daging buahnya saja, namun juga di kulitnya. Oleh karena itu jangan kupas apel saat akan memakannya. Namun pastikan bahwa Anda mencucinya terlebih dahulu.

  • Beri-berian

Buah beri terutama raspberry dan blueberry merupakan sumber serat yang tinggi. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mencampurnya dengan yogurt atau es krim. Selain itu buah beri juga rendah akan kalori.

  • Pisang

Pisang juga merupakan sumber serat yang baik dan buah ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Pisang juga baik untuk meningkatkan energi di dalam tubuh Anda.

  • Pir

Pir baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kandungan serat di dalamnya selain dapat menyehatkan pencernaan, juga mampu membuat Anda merasa cepat kenyang.

  • Alpukat

Alpukat tidak hanya mengandung vitamin dan asam lemak, namun kandungan serat di dalamnya juga cukup tinggi.

  • Jeruk

Tidak hanya sebagai sumber vitamin C, jeruk juga kaya akan serat. Serat yang dikandung jeruk baik untuk menghindarkan Anda dari penyakit sembelit.

  • Belimbing

Serat dalam belimbing 0,9 gram per 100 gram bahan. Belimbing bermanfaat untuk meredakan panas dalam dan menghilangkan racun panas dalam, memperlancar pembuangan tinja, mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorok, mengatasi kencing batu (jika dikonsumsi dengan madu), menurunkan kadar kolesterol, sebagai antioksidan, menurunkan tekanan darah, dan bisa digunakan untuk terapi penyembuhan penyakit diabetes millitus. Belimbing mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta berbagai macam serat asam buah

  • Tomat

Tomat termasuk buah berserat tinggi dengan kadar 4,2 gram per 100 gram bahan. Tomat dikenal dengan kandungan likopen (zat warna merah tomat) yang mampu mencegah kanker prostat. Karena itu, kaum adam lebih dianjurkan mengonsumsi tomat secara rutin (setiap hari) agar tidak terkena kanker prostat.
Zat gizi lainnya yang terdapat dalam tomat adalah provitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan asam sitrat. Zat gizi dalam tomat berkhasiat untuk mencegah kanker prostat, menurunkan tekanan darah, membantu pembentukan glikogen dalam hati, mencegah usus buntu, mencegah terjadinya penggumpalan darah, mencegah gusi berdarah, mengatasi masalah kegemukan, membersihkan darah dan hati, serta mencegah terjadinya rabun senja.
Tomat juga bermanfaat untuk manjaga kesehatan hati dengan cara menyeimbangkan fungsi hati. Selain itu, tomat juga bisa meningkatkan nafsu makan sehingga bisa mengobati penyakit anorexia (tidak nafsu makan).

  • Melon

Melon mengandung serat sekitar 0,7 gram per 100 gram bahan. Melon juga mengandung karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Melon bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan tekanan darah, sebagai antikanker, mengatasi demam, mengobati penyakit jantung dan stroke, membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun, membersihkan kulit, sebagai antioksidan, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah konstipasi.

  • Mangga

Mangga mengandung serat sebanyak 1,6 gram per 100 gram bahan. Selain itu, mangga mengandung vitamin A, pektin, dan fruktosa. Kandungan gizi dalam mangga bermanfaat untuk menguatkan jaringan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi dehidrasi, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah sembelit. Selain itu, zat gizi dalam mangga juga bisa digunakan untuk terapi kecantikan dan berfungsi sebagai antikanker. Khusus penderita diabetes millitus sebaiknya tidak mengonsumsi mangga, terutama mangga harum manis karena mengandung kadar gula tinggi.

  • Buah Naga

Buah Buahan yang mengandung serat tinggi.Kandungan serat dalam buah naga sekitar 0,7 gram per 100 gram bahan. Selain serat, buah naga juga mengandung kalium, pektin, magnesium, fosfor, dan zat besi. Buah naga juga bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan, menurunkan kandungan gula darah, mengatur keseimbangan gula darah, membantu mengatasi rematik dan asam urat, meningkatkan kesehatan organ penglihatan, membantu mengontrol kadar kolesterol darah. Kandungan serat dalam buah naga bisa digunakan untuk memperlancar proses pencernaan makanan dan mencegah konstipasi. Buah naga juga mengandung zat antioksidan sehingga bisa digunakan untuk mencegah kanker.

  • Nanas

Nanas juga mengandung serat dengan kadar 1 gram per 100 gram bahan. Kandungan zat gizi dan fitokimia dalam nanas diantaranya vitamin A, vitamin C, mangan, kalsium, magnesium, dan pektin. Pektin dalam nanas berfungsi untuk memperlancar pembuangan tinja dari usus, membantu meredakan panas dalam paru, meredakan batuk, mengatasi ginjal dan saluran kandung kemih, mengatasi sariawan, meredakan demam, mengobati penyakit jantung dan stroke, mengatasi infeksi, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, serta mengatasi gangguan anemia (jika dimasak bersama bahan makanan hewani seperti daging ayam). Selain itu nanas berfungsi sebagai antikanker dan antioksidan.

Baca Juga : Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Itu dia Daftar Buah-Buahan Yang Mengandung Serat Terbanyak.  Serat sangat baik untuk sistem pencernaan, untuk itu anda wajib mengkonsumsi buah-buahan diatas untuk melancarkan sistem perncernaan. Selain itu untuk meningkatkan sistem pencernaan bisa juga dengan suplemen herbal dari Green World yakni Koloklin Capsule yang merupakan obat herbal yang sangat baik untuk mengatasi segala macam keluhan pada pencernaan sekaligus untuk menjaga dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi nomor kami seperti yang tertera disebelah kanan halaman ini.

| Daftar Buah-Buahan Yang Mengandung Serat Terbanyak |

Daftar Buah-Buahan Yang Mengandung Serat Terbanyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *