Ketika Anda belanja bulanan, tentu banyak barang yang disimpan dalam kulkas dan ingin selalu dipertahankan demi menghemat anggaran. Tapi karena kebiasaan yang menurut Anda baik ini, banyak makanan yang terindikasi tidak layak konsumsi tersimpan dalam dapur. Untuk itu ketahui Ciri-Ciri Makanan Yang Sudah Tidak Layak Konsumsi

Ciri-Ciri Makanan Yang Sudah Tidak Layak Konsumsi

Ciri-Ciri Makanan Yang Sudah Tidak Layak Konsumsi | Sebagian besar dari kita, cenderung mengonsumsi makanan yang masih segar. Meskipun hal tersebut tidak selamanya kita lakukan. Lemari pendingin contohnya, dibuat untuk memenuhi hasrat mengonsumsi makanan, saat masih segar. Hal tersebut dikarenakan sulitnya kita memiliki waktu untuk memasak, dan disanalah waktu dimana lemari pendingin menjadi andalan.

Cukup memasak satu kali, kemudian taruh dalam lemari pendingin, dan anda dapat memakannya kapan pun. Masalahnya ialah, makanan yang disimpan di dalam lemari pendingin tersebut, bisa saja berubah menjadi tempat berkembang biaknya mikso organisme. Dan Bakteri serta Jamur yang berkembang biak tersebut, dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan.

Tentu saja, kita berpikir bahwa lemari pendingin dapat mencegah pertumbuhan Bakteri dan Jamur pada makanan. namun pada kenyataannya, lemari pendingin hanya dapat memperlambat proses pembusukan makanan.

Namun terkadang, pertumbuhan Bakteri dan Jamur pada makanan tidak begitu jelas terlihat, sehingga kita cenderung kembali mengonsumsi makanan tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan kesehatan anda, sebaiknya simak tanda-tanda makanan yang sudah tak layak konsumsi berikut ini :

  • Tanda Pada Ikan

Ikan yang sudah tidak segar biasanya memunculkan aroma tidak enak yang kuat. Bila masih tampak segar, amati lebih teliti. Bila ikan berubah warna menjadi coklat, kuning atau abu-abu, meski hanya di bagian ujungnya, buang segera.

  • Pada Telur

Jika telur busuk digunakan untuk membuat makanan, bakteri salmonella siap berkembang biak di dalamnya. Untuk mengetahui telur masih bagus atau tidak, masukkan telur ke dalam semangkuk air. Telur yang sudah lama akan menyerap udara lewat cangkang yang berpori, sehingga akan mengambang atau berdiri di mangkuk. Sementara, telur yang segar sebagian sisinya akan tetap tidur di bagian bawah mangkuk.

  • Steak

Godaan lezatnya steak terkadang membuat orang masih tetap menyantapnya meski mungkin si steak sudah “berumur”. Padahal, bahaya mikroorganisme seperti E.coli dan salmonella bisa mengancam. Coba perhatikan warnanya. Bila berubah warna menjadi abu-abu, tandanya sudah tak layak konsumsi. Bila dibaui, akan keluar aroma tengik. Untuk lebih meyakinkan, pegang dengan tangan Anda. Steak yang rusak akan mengeluarkan lendir.

  • Ayam

Jangan menyimpan ayam mentah di kulas bagian bawah lebih dari 48 jam, dan konsumsilah ayam beku sebelum enam bulan. Ayam yang sudah basi memunculkan bau asam atau semacam amonia. Warna yang berubah atau daging yang berlendir juga jadi pertanda sudah waktunya membuang ayam Anda.

  • Kentang

Umur kentang bisa panjang bila disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, tapi harus sering diperiksa. Satu saja kentang rusak, akan menulari kentang lain yang bersamanya. Bila kentang terasa keras saat diremas, berarti masih layak konsumsi. Namun, bila terasa lembek dan melesak ke dalam saat ditekan, berarti kondisinya sudah tak bagus lagi. Apalagi, bila kentang sudah berkecambah dan bau.

  • Selada

Di kulkas, usianya hanya sekitar satu minggu. Selada yang segar haruslah berwarna hijau atau ungu kemerahan, tergantung jenisnya. Bila sudah layu dan berwarna kecoklatan, sebaiknya tak dikonsumsi.

  • Yogurt

Yogurt merupakan susu yang difermentasikan, sehingga kemungkinan untuk cepat basi juga besar. Beberapa tanda yogurt yang rusak adalah adanya tambahan aroma, jamur spora, atau tekstur kental yang berbeda dari yogurt saat masih segar.

  • Cream cheese

Tak seperti keju-keju lainnya, cream cheese paling baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Bila sudah berwarna hijau atau tumbuh jamur, segera buang. Jangan lupa, cek tanggal kadaluarsa. Bila sudah dibuka, segera habiskan dalam 10 hari.

Nah, itulah Ciri-Ciri Makanan Yang Sudah Tidak Layak Konsumsi yang mesti anda tahu. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda. Terus kunjungi situs resmi agen Koloklin Capsule ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya.

Baca Juga : Perbedaan Manfaat Semangka Merah Dan Semangka Kuning |  Beragam Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Naik Pesawat

Ciri-Ciri Makanan Yang Sudah Tidak Layak Konsumsi

Ciri-Ciri Makanan Yang Sudah Tidak Layak Konsumsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *