Apakah selama ini Anda hanya fokus pada usaha untuk menyehatkan tubuh saja? Ketahuilah! bahwa otak Anda pun perlu nutrisi. Tidak perlu dengan cara yang berlebihan untuk menyehatkan otak Anda. Cukup ikuti cara mudah menyehatkan otak secara alami yang kami sarankan seperti pada artikel ini.

Selamat datang kembali di website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang sudah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia dan telah dipasarkan di 20 negara.

Cara Mudah Menyehatkan Otak Secara Alami

otak-sehat

 

Cara Mudah Menyehatkan Otak Secara Alami – Otak adalah salah satu organ tubuh yang bekerja mengendalikan diri manusia. Fungsi otak adalah untuk berpikir dan memerintah anggota tubuh yang lain seperti mulut, tangan atau kaki untuk bergerak. Otak yang tidak sehat ternyata dapat membuat kita menjadi stres dan dapat membuat seseorang rentan menjadi sakit. Selama ini banyak orang berfokus untuk menyehatkan tubuh saja, padahal otak juga perlu dijaga kesehatannya. Bila kesehatan otak tidak terjaga maka akan memicu berbagai penyakit dan kita pun tidak akan berfikir secara jernih. Lantas Apa saja cara yang dapat menyehatkan otak?

Berikut cara mudah menyehatkan otak

1. Berjalan kaki

Berjalan kaki sangat baik untuk menyehatkan otak. Dengan berjalan kaki selama 20 menit setiap hari, otak Anda akan mendapatkan tambahan nutrisi. Berjalan kaki juga dapat menyegarkan pikiran Anda. Fakta mengatakan bahwa aktivitas fisik sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak terutama pada pusat memori. Dengan berjalan kaki, hidup Anda akan sehat dan Anda akan mendapatkan energi yang baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Berhenti khawatir

Berdasarkan hasil studi dari University of Gothenburg di Swedia, kekhawatiran yang ditanamkan dalam pikiran akan membuat otak bekerja dua kali lebih keras dan menimbulkan stres berkepanjangan di kemudian hari. Kekhawatiran hanya dapat membuat Anda membuang-buang tenaga untuk berpikir tentang hal-hal negatif yang tidak baik bagi kesehatan Anda, baik jasmani maupun rohani. Berhentilah mengkhawatirkan hidup Anda, ini akan membawa dampak positif bagi kehidupan Anda. Anda tidak hanya akan sehat tetapi juga dapat membuat Anda lebih dapat menikmati hidup.

3. Olahraga

Setiap orang tentunya tahu bahwa olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat menyehatkan otak. Ketika tubuh bugar dan sehat, jiwa Anda akan terdorong untuk lebih bersemangat lagi dalam beraktivitas. Seperti berjalan kaki yang disarankan sebelumnya, Anda dapat menambahkan aktivitas fisik lainnya seperti olahraga yoga yang sangat baik untuk menenangkan pikiran, berenang yang dapat menyegarkan pikiran, atau olahraga ringan lainnya. Ketika Anda rutin melakukan olahraga, dapat dipastikan memori otak Anda akan bekerja dengan lebih baik.

4. Mancampurkan kunyit pada makanan

Sebuah penelitian dari Institute of Neuroscience and Medicine di Jerman menemukan bahwa kunyit sangat baik untuk otak karena dapat mengurangi berbagai gangguan di otak. Komponen yang terdapat pada kunyit ternyata dapat menyegarkan sel induk pada otak. Campurkanlah sedikit kunyit pada setiap masakan Anda, dijamin hidup Anda akan lebih sehat.

5. Bermain dengan alam

Menurut para peneliti University of Michigan, warna-warni pada alam dapat memberikan ketenangan pada pikiran manusia. Bermain dengan alam tidak hanya menyehatkan jiwa, tetapi juga dapat menyehatkan raga. Sesekali luangkan waktu Anda untuk bermain atau sekadar mengunjungi alam bebas. Dengan demikian, hidup Anda akan terasa lebih baik dan terbebas dari stres atau depresi.

6. Makan buah dan sayuran

Sejak kecil, anak-anak telah diperkenalkan pada sayur dan buah-buahan oleh orang tua mereka. Buah dan sayuran sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan. Tidak hanya dianjurkan bagi anak-anak, sayur dan buah-buahan juga sangat baik dikonsumsi oleh semua orang, tanpa mengenal batas usia. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan zat-zat tertentu yang sangat baik bagi tubuh. Ketika tubuh sehat maka otak juga akan menerima banyak nutrisi dengan baik.

7. Meditasi

Meditasi adalah cara terbaik untuk menyehatkan otak. Dengan bermeditasi seseorang akan merasa tenang dan damai. Meditasi juga ternyata dapat membantu menghilangkan stres yang dihasilkan oleh pikiran yang tidak sehat. Dalam bermeditasi kita dituntun untuk mengatur pernapasan dengan baik. Dengan mengatur pernapasan ternyata dapat membuang racun pada tubuh sehingga tubuh dan pikiran akan menjadi tenang, sehingga dapat memberikan energi yang lebih banyak bagi tubuh. Lakukanlah meditasi setiap pagi. Tidak hanya akan menyehatkan otak Anda, ini juga akan membuat Anda lebih bersemangat lagi dalam beraktivitas.

8. Tertawa

Tertawa sangat baik untuk menyehatkan otak. Dengan tertawa, Anda dapat membuat pikiran menjadi lebih santai. Ketika pikiran kita santai, maka tubuh kita juga akan menjadi sehat. Selalulah tertawa agar hidup Anda akan menjadi lebih menyenangkan.

Adapun makanan yang bisa membantu menyehatkan otak

Otak ikut menua seiring bertambahnya usia. Jadi penting bagi Anda untuk meningkatkan asupan nutrisi demi menjaga kesehatan otak sekaligus sistem saraf. Demi mencegah penurunan kognitif otak dan gangguan mental lainnya, coba nikmati makanan sehat seperti berikut ini :

  • Bayam

Bayam bisa disebut sebagai sayuran ajaib dengan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya, di dalam bayam ada antioksidan yang memperlambat penuaan otak dan sistem saraf.

  • Sayuran berdaun hijau

Senyawa tertentu pada sayuran berdaun hijau adalah senjata ampuh untuk mencegah demensia, Alzheimer, dan Parkinson. Jadi jangan malas makan sayur demi menyehatkan otak dan sistem saraf.

  • Gandum utuh

Gandum utuh bisa ditemukan dalam brown rice yang kaya akan vitamin B6. Fungsi vitamin B6 adalah memecah senyawa tertentu yang berkhasiat mencegah penurunan kognitif otak.

  • Cocoa

Cocoa memiliki antioksidan alami yang mencegah otak dari kerusakan akibat stres. Salah satu produk cocoa adalah cokelat gelap yang kadar flavonoid di dalamnya juga cukup tinggi.

  • Kacang

Kacang almond dan kenari adalah camilan tepat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya juga berperan sebagai nutrisi yang menyehatkan otak.

  • Bawang putih

Rasa dan aroma bawang putih memang tidak mengenakkan. Tetapi bawang putih adalah makanan tepat untuk mencegah penuaan otak, menyehatkan sistem saraf dan sistem kardiovaskular.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki antioksidan bernama polyphenol yang ampuh menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Jadi minyak zaitun juga termasuk konsumsi tepat untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

  • Red wine

Antioksidan dalam red wine mampu meningkatkan kinerja otak dan mencegahnya dari penuaan. Akan tetapi, red wine sebaiknya dikonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

  • Teh

Teh bukan cuma ampuh meningkatkan metabolisme, tetapi juga memiliki kekuatan untuk memperbaiki kemampuan kognitif otak. Sebab di dalam teh ada antioksidan yang melancarkan peredaran darah.

  • Sarden

Asam lemak omega-3 adalah kunci penting bagi kesehatan otak dan sistem saraf. Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi tersebut adalah sarden, salmon, tuna, dan mackerel.

  • Blueberry

Keluarga buah berry yang satu ini dikenal kemampuannya dalam memerangi radikal bebas. Jadi blueberry pun termasuk dalam makanan yang mampu memaksimalkan kemampuan kognitif otak.

  • Delima

Berbagai produk delima kini semakin marak beredar di pasaran. Hal itu terjadi bukan tanpa alasan. Pasalnya delima memang bernutrisi tinggi dan mampu menjaga pikiran tetap aktif.

Itulah tadi cara mudah menyehatkan otak secara alami dan beberapa makanan yang membantu menyehatkan otak yang dapat kami informasikan. Semoga dengan artikel diatas bisa membantu anda dalam menjaga dan membuat otak menjadi sehat.

Terus kunjungi situsĀ http://manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com untuk update informasi menarik dan bermanfaat seputar kesehatan.

Cara Mudah Menyehatkan Otak Secara Alami

Cara Mudah Menyehatkan Otak Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *