Mengalami kesulitas buang air besar atau BAB bisa sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, ada baiknya anda menggunakan Cara Melancarkan Buang Air Besar Ketika Sedang Sembelit seperti yang akan kami uraikan dibawah ini.

cara melancarkan buang air besar ketika sedang sembelit

Cara Melancarkan Buang Air Besar Ketika Sedang Sembelit | Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. Ada orang yang buang air besar setiap hari, namun ada juga yang setiap dua hari. Namun, jika Anda kesulitan untuk buang air besar, berarti Anda mengalami sembelit. Sembelit adalah adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Biasanya, sembelit terjadi karena Anda tidak memiliki cukup serat atau air. Tanda-tanda sembelit di antaranya adalah Anda akan kesulitan untuk buang air besar, feses menjadi keras dan panas, serta perut akan terasa kaku karena feses terlalu lama menumpuk di usus.

Terjadinya sembelit dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat atau terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak, kurang berolahraga, dan kurang minum. Namun, meskipun terkesan sepele, sembelit tetap dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut tips untuk melancarkan susah buang air besar :

  • Perbanyak makan makanan berserat

Anda pasti sering mendengar bahwa orang yang mengalami sembelit harus perbanyak konsumsi serat. Nyatanya, hal tersebut adalah anjuran yang benar karena konsumsi serat memang dapat membantu mengatur gerakan usus dengan menyerap air ekstra dan membantu untuk membentuk tinja.

Selain itu, kandungan serat pada makanan yang Anda konsumsi dapat menjaring residu pada saluran usus Anda dan nantinya dapat merangsang sistem pencernaan Anda untuk segera buang air besar. Oleh karena itu, saat Anda mengalami sembelit, cobalah untuk meningkatkan asupan serat dengan makan buah (seperti pepaya), sayuran (kubis, wortel, ataupun bayam), dan biji-bijian.

  • Perhatikan apa yang Anda makan

Salah satu penyebab terjadinya sembelit adalah karena apa yang Anda makan, di antaranya adalah kurangnya asupan vitamin B12 dalam makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memperlancar buang air besar adalah buah kiwi, jeruk, oatmeal, bayam, lidah buaya, kacang, yogurt, kopi, nasi.

Berdasarkan sebuah studi, diketahui bahwa orang yang mengkonsumsi nasi dapat mengurangi risiko terjadinya sembelit. Selain itu, konsumsi kopi saat Anda sembelit dapat merangsang gerakan dalam usus Anda, meningkatkan sirkulasi dan memori otak Anda.

  • Perbanyak minum air putih

Salah satu akibat dari sembelit adalah tinja kering. Oleh karena itu, untuk memperlancar buang air besar, Anda perlu memperbanyak minum air putih karena konsumsi air putih dapat memudahkan tinja untuk keluar. Namun, Anda harus menghindari minuman dieuretik seperti minuman berkafein (kopi dan soda) serta minuman beralkohol saat Anda mengalami sembelit karena dapat menyebabkan kehilangan cairan melalui peningkatan buang air kecil dan akan memperburuk sembelit. Minuman yang dianjurkan saat Anda mengalami sembelit adalah jus seperti jus apel atau pir dan teh herbal.

  • Perbanyak olahraga

Alasan sederhana mengapa Anda perlu berolahraga saat mengalami sembelit adalah karena berolahraga dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan pernapasan yang dapat merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh dan membantu makanan bergerak lebih cepat melalui usus Anda. Cobalah untuk berolahraga ringan sekitar 20 sampai 30 menit selama lima hari dalam seminggu.

  • Hindari stres

Sistem pencernaan Anda ternyata sangat sensitif terhadap stres, dan sembelit adalah salah satu respon sistim pencernaan terhadap stres. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan hal yang Anda senangi agar dapat mengurangi tingkat stres, salah satunya adalah dengan bernyanyi, berenang, pergi nonton, atau hobi Anda lainnya.

  • Jangan suka menahan buang air besar

Semakin sering Anda menahan buang air besar, semakin besar risiko Anda untuk mengalami sembelit. Oleh karena itu, saat Anda merasa harus buang air besar, maka, segeralah pergi ke toilet untuk buang air besar.

Itulah Cara Melancarkan Buang Air Besar Ketika Sedang Sembelit. Anda dapat mencoba beberapa tips diatas untuk memperlancar buang air besar. Namun, jika setelah mencoba beberapa tips diatas kondisi diatas membaik, anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dan kami menyarankan anda untuk segera mencobat mengkonsumsi Koloklin Capsule yang merupakan obat herbal yang dibuat khusus untuk mengatasi berbagai macam masalah pada sistem pencernaan termasuk dapat melancarkan BAB. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak kami yang tertera di sebelah kanan halaman ini.

Baca Juga : Tanda Tubuh Sedang Mengandung Banyak Racun | Vitamin Penting Untuk Meningkatkan Kesehatan Payudara

Cara Melancarkan Buang Air Besar Ketika Sedang Sembelit

Cara Melancarkan Buang Air Besar Ketika Sedang Sembelit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *