Mengantuk bisa dialami setiap orang dan normal. Namun hal ini bisa berbahaya jika dialami orang yang sedang duduk di balik setir. Untuk itu ketahui Cara Ampuh Hilangkan Lelah dan Kantuk Saat Berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selamat datang kembali di salah satu situs milik Alfian Herbal agen resmi Green World yatu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai jenis suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa tercampur bahan kimia.

Cara Ampuh Hilangkan Lelah dan Kantuk Saat Berkendara

Cara Ampuh Hilangkan Lelah dan Kantuk Saat Berkendara — Selama ini sebagian besar orang menilai kelelahan di saat mengemudi tak terlalu bahaya dibanding mabuk atau mengantuk. Padahal, anggapan seperti itu tidak tepat. Pasalnya, beberapa penelitian dan kejadian kecelakaan yang terjadi selama ini membuktikan bahwa kelelahan yang memicu rasa kantuk telah menjadi penyebab 37 persen dari total 100 kejadian kecelakaan di Amerika Serikat setelah mabuk yang mencapai 59 persen.

Kelelahan dan mengantuk menyebabkan kecelakaan yang lebih fatal. Sebab pada saat seperti itu, saraf sensorik dan motorik lemah sehingga refleks seseorang juga melemah,” tutur Thomas J Balkin, National Sleep Foundation, seperti dilansir New York Times, beberapa waktu lalu.

Kondisi serupa juga banyak terjadi di Indonesia. Hanya, selama ini sebagian besar masyarakat karang yang memperhatikan. Tak sedikit di antara kecelakaan yang terjadi di tanah air disebabkan oleh pengemudi yang kelelahan karena menyetir lebih dari dua jam dan akhirnya mengantuk.

Kalau pun ada yang menyadari dan kerap menerima informasi tentang risiko fatal akibat kelelahan, banyak yang mengacuhkannya,” tutur Reza Satria Wirawan, instruktur safety driving di sebuah perusahaan ban multinasional saat ditemui di Jakarta.

Umumnya, kata Reza, orang menganggap mengemudi saat kelelahan adalah tindakan legal karena tidak ada aturan atau undang-undang yang melarangnya. Pada sisi lain, pengguna jalan lainnya juga bersikap permisif alias tidak protes.

Berikut solusi ampuh hilangkan rasa ngantuk dan lelah saat sedang menyetir :

  • Minum kopi

Jika mata dan tubuh Anda sudah benar-benar lelah, Anda butuh kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Namun, kopi membutuhkan waktu kira-kira setengah jam sebelum efeknya terasa. Selain itu, secangkir kopi saja mungkin tidak cukup bagi orang yang sehari-harinya sudah sering mengonsumsi kopi.

  • Menepi dan tidur sejenak (bagi pengemudi mobil)

Apabila efek kopi belum terasa, cara terbaik untuk melawan kantuk adalah dengan tidur sejenak. Menepi dan tidurlah selama kira-kira 15 menit. Ingat, lebih baik menghabiskan waktu 15-20 menit untuk tidur sejenak daripada memaksakan diri untuk tetap menyetir dengan risiko yang besar.

  • Menepi dan melakukan peregangan (bagi pengendara motor)

Biasanya rasa kantuk tak tertahankan muncul saat Anda mengendarai motor di jalanan yang cukup lengang dalam cuaca yang bersahabat. Maka, segera menepi sesaat dan turunlah dari motor. Lakukan peregangan otot dan berjalan-jalanlah kira-kira selama 10 menit. Bergerak secara aktif bisa membantu pikiran tetap terjaga.

  • Jangan minum obat dan alkohol sebelum atau saat berkendara

Mengonsumsi obat-obatan dan alkohol bisa memengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan Anda. Hindari minum obat anti mabuk, obat anti masuk angin, atau obat lain dengan efek samping mengantuk sebelum atau saat berkendara. Pasalnya, Anda akan merasa sangat mengantuk. Kalau Anda memang harus minum obat-obatan tertentu yang diresepkan dokter, sebaiknya jangan menyetir mobil atau mengendarai motor sama sekali.

  • Beristirahat setiap dua jam

Serangan kantuk saat menyetir atau mengendarai motor dalam perjalanan panjang adalah hal yang sangat wajar. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda beristirahat setiap dua jam untuk melakukan peregangan otot atau tidur sejenak. Kalau dipaksa menyetir terus tanpa jeda, tubuh dan mata Anda justru jadi cepat lelah dan terasa berat. Maka, meskipun Anda tidak sedang mengantuk atau letih, usahakan untuk tetap beristirahat setiap beberapa jam sekali.

  • Minta ditemani saat mengemudi

Kalau Anda kurang tidur, kurang istirahat, atau sedang kelelahan berat, hindari mengemudi seorang diri. Apalagi jika jaraknya cukup jauh. Ajaklah seorang teman atau anggota keluarga yang bisa menemani Anda sepanjang jalan. Dengan begitu, Anda bisa mengobrol bersamanya jika Anda mulai mengantuk. Dia juga bisa menjadi ‘polisi’ kalau Anda sudah mulai kehilangan kewaspadaan, terkantuk-kantuk, atau hampir tertidur. Akan lebih baik lagi jika orang yang menemani Anda bersedia untuk bergantian mengemudi.

Demikian Cara Ampuh Hilangkan Lelah dan Kantuk Saat Berkendara, ikuti tips diatas jika anda sering mengantuk saat berkendara. Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs http://manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com untuk update infromasi penting serta fakta menarik seputar kesehatan.

Cara Ampuh Hilangkan Lelah dan Kantuk Saat Berkendara

Cara Ampuh Hilangkan Lelah dan Kantuk Saat Berkendara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *