Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi sehat. Selain sajian waktu makan, ibu hamil juga membutuhkan camilan sehat yang dapat mendukung perkembangan janin. Inilah sederet Camilan Sehat Dan Lezat Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Camilan Sehat Dan Lezat Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Camilan Sehat Dan Lezat Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil | Selama kehamilan mengonsumsi camilan yang sehat adalah sangat penting. Karena dalam masa kehamilan, amant penting menjaga diet seimbang dan makan sehat, untuk kesehatan bayi anda. Ketika hamil, biasanya dokter menyarankan anda untuk menjauh dari alkohol, minuman dan makanan lainnya yang bisa tidak aman bagi janin yang sedang berkembang.

Namun bagaimana dengan keripik, kentang goreng dan minuman ringan yang anda merindukan selama fase ini? Apakah mereka baik untuk kesehatan optimal bayi anda? Mereka mungkin tidak berbahaya, namun harus dibatasi. Camilan bagi ibu hamil bisa menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan janin, dan menambah energi yang dibutuhkan.

Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil

  • Salad buah dan sayur

Cemilan sehat untuk ibu hamil yang pertama yaitu salad buah-buahan atau sayuran. Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan dan sayuran mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan. jenis makanan tersebut sangat kaya akan kandungan vitamin C sebagai antioksidan. Ibu hamil bisa memilih berbagai jenis buah untuk dibuat salad buah. Buah yang akan dikonsumsi sebaiknya benar-benar terbebas dari kandungan pestisida. Untuk itu cuci terlebih dahulu buah-buahan dan sayuran yang akan dibuat salad. Selain mengandung vitamin, buah dan sayur juga sangat kaya akan kandungan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  • Kacang mete

Kacang mete bisa menjadi salah satu pilihan cemilan bagi ibu hamil. Selain rasanya yang enak, ternyata kacang mete memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein tersebut berguna untuk membangun sel-sel janin. Selain itu, fungsi dari protein tersebut adalah untuk mendukung zat besi dalam proses pembentukan sel otot dan sel darah.

  • Telur

Mungkin telur sedikit terdengar aneh ketika dijadikan sebagai cemilan. Akan tetapi telur bisa menjadi salah satu alternatif cemilan yang sehat bagi ibu hamil. Telur adalah salah satu sumber vitamin D yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama menjalani kehamilan dan menunjang pertumbuhan bayi. Selain itu, vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium. Telur juga mengandung banyak nutrisi yang lain seperti kalsium, posfor dan beberapa jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

  • Keripik ubi

Bagi ibu hamil yang mempunyai kebiasaan ngemil, ubi bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda konsumsi. Ubi mengandung vitamin A yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin dan membantu pembentukan sel-sel tubuh.

  • Sereal gandum

Kombinasi antara sereal gandum utuh dan susu bisa menjadi cemilan sehat bagi ibu hamil. Sereal bisa menjadi menu untuk sarapan atau dikonsumsi di sela-sela istirahat. Gandum utuh adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kadar glikemik yang rendah sehingga aman bagi ibu hamil.

  • Keripik bayam

Untuk mendapatkan cemilan yang sehat, ibu hamil tidak perlu kebingungan. Bayam bisa menjadi alternatif untuk dijadikan cemilan. Anda bisa membuat keripik bayam yang renyah sehingga waktu ngemil Anda lebih menyenangkan dan sehat. Bayam mengandung zat besi, vitamin dan mineral yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh.

  • Keju

Cemilan ibu hamil yang terakhir yaitu keju. Jenis makanan ini merupakan prodeuk olahan dari susu sehingga keju mengandung banyak nutrisi seperti kalsium dan protein. Keju bisa dijadikan cemilan dengan cara dimakan langsung atau dikombinasikan dengan jenis makanan yang lainnya.

  • Yoghurt

Yoghurt, sebagaimana produk olahan susu lain, mengandung kalsium yang sangat berguna untuk gigi dan tulang kuat. Pilih yoghurt tanpa rasa yang rendah gula, dibandingkan yang dilengkapi berbagai rasa. Yoghurt juga merupakan sumber probiotik  yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi  sehingga risiko persalinan prematur, risiko infeksi pada masa kehamilan, eksim, dan alergi pada bayi dapat berkurang. Nikmati yoghurt dengan kacang, kismis, atau buah segar. Yoghurt juga dapat diolah menjadi minuman smoothies dengan mencampur dengan jus buah, buah, atau sayuran seperti bayam atau seledri.

  • Kacang edamame

Kacang kedelai asal Jepang, yang biasa disebut kacang edamame, kaya kandungan vitamin B termasuk asam folat. Selain itu, edamame juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, tembaga, zinc, dan magnesium. Untuk menikmati kacang edamame, cukup direbus dan taburi sedikit garam.

  • Popcorn

Popcorn merupakan salah satu camilan tinggi serat yang dapat membantu meringankan sembelit yang dialami ibu hamil. Hanya saja, hindari membuat popcorn dengan mentega atau garam secara berlebihan.

Itulah sederet Camilan Sehat Dan Lezat Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil. Ingat, kondisi hamil idak ototmatis membuat porsi makan menjadi dua kali lipat. Yang penting, pastikan ibu hamil memperoleh nutrisi seimbang dari beragam jenis makanan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, jika ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang membutuhkan diet khusus.

Baca Juga : Faktor Penyebab Utama Kematian Ibu Saat Melahirkan Makanan Untuk Mencegah Risiko Kanker Usus Besar

| Camilan Sehat Dan Lezat Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Camilan Sehat Dan Lezat Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *