Salah hewan yang sangat setia kepada majikannya adalah anjing. Tidak ayal banyak orang yang memelihara anjing di rumah. Meski demikian, ada hal yang perlu diwaspadai dari hewan ini yaitu air liurnya. Dalam liur anjing dimungkinkan membawa bakteri berbahaya yang jika menginfeksi tubuh dapat berakibat fatal. Inilah Bahaya Terkena Air Liur Anjing, Segera Jauhkan Jilatannya dari Tubuh

Selamat datang di website Alfian Herbal agen resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami melayani dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Bahaya Terkena Air Liur Anjing, Segera Jauhkan Jilatannya dari Tubuh

Bahaya Terkena Air Liur Anjing, Segera Jauhkan Jilatannya dari Tubuh

Bahaya Terkena Air Liur Anjing, Segera Jauhkan Jilatannya dari TubuhANJING adalah hewan yang lucu, sangat bersahabat, dan bisa dipercaya. Anda mungkin biasa mengungkapkan rasa sayang terhadap anjing peliharaan dengan membiarkannya menjilati tubuh Anda atau bahkan menciuminya. Sementara anjing membawa bakteri yang bisa sebabkan infeksi fatal.

Pakar kesehatan Neilanjan Nandi yang merupakan asisten Professor dari Drexel University College of Medicine yang berada di Philadelphia, Amerika Serikat menyebutkan jika mulut hewan, termasuk diantaranya adalah mulut anjing, menyimpan banyak sekali mikrobioma mulut layaknya bakteri, virus, dan jamur. Beliau menyebutkan jika air liur anjing memang memiliki protein yang bisa membersihkan sekaligus menyembhkan luka. Sayangnya, pada air liur anjing ini, kita bisa menemukan berbagai bakteri hingga virus yang bisa memicu masalah kesehatan pada tubuh kita. Padahal, beberapa jenis bakteri yang ada di mulut anjing memiliki sifat zoonosis, bisa menular pada manusia dan menyebabkan penyakit.

Dilansir dari Dailymail,  para ahli memperingatkan bahaya dari air liur anjing yang bisa membawa bakteri Salmonella, campolybacter, dan E coli, bahkan juga ditemukan Toxocariasis, yaitu parasit yang bisa sebabkan kista di otak dan mata.

Menurut Para Ahli

Profesor John Oxford, emeritus profesor virologi dan bakteriologi di Queen Mary, University of London dan seorang ahli dalam mikrobiologi, mengatakan ia tidak akan membiarkan anjing menjilat wajahnya, tidak peduli seberapa bersih dan segar anjingnya.

Hal ini bukan hanya tentang yang ada di air liur. Anjing menghabiskan setengah hidup mereka untuk mengendus sudut-sudut kotor atau di atas kotoran anjing sehingga moncong mereka penuh dengan bakteri, virus, dan kuman dari segala macam patogen jahat termasuk salmonella dan campolybacter,” tuturnya.

Menurut Food Standards Agency, campylobacter adalah penyebab diare dan gastroenteritis paling umum juga keracunan makanan di Inggris setiap tahunnya. Diperkirakan bahwa setengah dari anjing membawa infeksi ini dan memicu penyakit tanpa gejala.

Anjing juga dapat menularkan infeksi jamur kulit termasuk kurap untuk anak-anak dan orang dewasa, meskipun hal ini tidak melalui transmisi air liur. Anjing peliharaan Anda juga dapat menularkan parasit jahat seperti cacing gilik atau cacing bulat.

Parasit ini dapat menginfeksi manusia jika mereka tidak sengaja menelan telur cacing tersebut,” papar Dr Hilary Longhurst, konsultan imunologi klinik berbasis di St Bartholomew Hospital, di London.

Beberapa virus juga bisa ditularkan anjing ke manusia, baik karena saliva atau kontak feses. Seperti virus influenza tipe A yang bisa beredar di antara banyak populasi hewan, termasuk babi dan burung. “Meskipun tidak ada bukti penularan influenza anjing (Influenza A) kepada manusia, virus ini tidak bermutasi sehingga mereka mudah menyebar di kalangan manusia,” kata Profesor Oxford.

Mencintai anjing yang Anda putuskan untuk pelihara memang penting dilakukan. Tapi, memberi ciuman dengan mencium dari jauh daripada memberi ciuman langsung adalah hal yang bijak. “Sayangilah anjing Anda dengan segala cara, tapi jangan terlalu intim,” saran dokter.

Memiliki anjing sebagai hewan peliharaan memang tidak salah, bahkan dalam islam pun diperkenankan untuk beberapa keperluan seperti menjaga rumah. Tetapi air liur anjing tetaplah najis, dan jika sudah terkena Anda harus membasuhnya sebanyak tujuh kali dan satu kali menggunakan tanah.

Itulah informasi mengenai air liur anjing serta Bahaya Terkena Air Liur Anjing, Segera Jauhkan Jilatannya dari Tubuh yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

Terus kunjungi situs http://manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com untuk update informasi penting lainnya seputar kesehatan.

Bahaya Terkena Air Liur Anjing, Segera Jauhkan Jilatannya dari Tubuh

Bahaya Terkena Air Liur Anjing, Segera Jauhkan Jilatannya dari Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *