Banyak orang yang suka menjilat atau membasahi bibir mereka dengan air ludah. Padahal ini malah tidak baik untuk bibir yang kering. Inilah Bahaya Menjilat Bibir Kering Serta Tips Mencegah Bibir Kering

Selamat datang kembali di salah satu situs milik Alfian Herbal agen resmi Green World yatu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai jenis suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa tercampur bahan kimia.

Bahaya Menjilat Bibir Kering Serta Tips Mencegah Bibir Kering

Bahaya Menjilat Bibir Kering Serta Tips Mencegah Bibir Kering

Bahaya Menjilat Bibir Kering Serta Tips Mencegah Bibir Kering — Tidak sedikit yang orang yang salah mengerti soal pelembaban bibir ini. Banyak yang mengira bibir bisa dilembabkan hanya dengan membasahi bibir dengan lidah.

Tindakan membasahi bibir dengan ludah malah membuat bibir lebih kering dan pecah-pecah sebab ludah itu mengandung enzim untuk mencerna makanan. Enzim itu juga akan mencerna bibir sehingga tampak pecah-pecah,” kata Dr. Indrawati Widjaja, SpKK, dokter kulit dari Erha Institute Jakarta.

Bibir pecah-pecah yang terkelupas itu juga bisa mendatangkan efek yang tidak menyenangkan.

Efek lanjutannya adalah berupa hiperpigmentasi atau bibir menjadi kehitaman. Garis-garis bibir pun jadi tampak jelas berlebihan,” tambahnya.

Sebagai ganti kebiasaan buruk membasahi bibir dengan lidah, oleskan pelembab khusus untuk bibir setiap waktu ketika dibutuhkan untuk mencegah bibir jadi kering. Carilah pelembab bibir yang mengandung bahan pelembab dan minyak alami. Jangan lupa mencari pelembab yang juga mengandung tabir surya dengan SPF 15 untuk melindungi kulit lembut bibir dari sinar uvA dan uvB.

Kandungan yang umum terdapat dalam pelembab bibir misalnya adalah lidah buaya, madu, chamomile, shea butter, minyak zaitun, dan lain-lain. Lebih baik lagi jika pelembab itu juga tidak mengandung pemutih, tanpa aroma dan rasa. Pastikan agar pelembab itu mengandung antioksidan berupa vitamin C dan E untuk melindungi kulit bibir dari ancaman bahaya polusi, rokok dan serbuan radikal bebas di sekitar kita.

Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab bibir sebelum mengenakan lipstik saat berdandan. Untuk pemilik bibir yang cenderung kering dan mudah pecah-pecah, carilah lipstik yang mengandung pelembab dan kalau bisa juga mengandung tabir surya. Hindari memakai lipstik yang matte karena bisa cepat membuat bibir jadi kering.

Tips Mencegah Bibir Kering

  • Kurangi kebiasaan menjilat bibir

Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan buruk ini, bahkan tanpa disadari beberapa menit sekali mereka membasahi bibir dengan menjilat. Cara ini bukan solusi untuk menghindari bibir kering secara instan. Sebab, sering jilat bibir justru membuat bibir Anda rentan kering dan pecah-pecah.

  • Pilih pelembab bibir bernutrisi

Jangan pelit dalam memilih dan membeli pelembab bibir, anggap saja uang yang Anda bayarkan untuk produk pelembab bibir sebagai investasi kecantikan. Sebab, jika Anda membeli pelembab murah dengan kandungan tidak komplit, bisa jadi bibir Anda malah semakin rusak dan tidak menarik. Untuk itu, pastikan pelembab Anda mengandung SPF yang cukup, atau gunakan pelembab petroleum jelly.

  • Rajin minum air putih

Nah, dibandingkan Anda sering menjilat bibir sendiri, lebih baik basahi dengan meminum air putih. Sebab, kulit yang terhidrasi akan lembab secara alamiah. Minumlah setidaknya 2,5 hingga tiga liter dalam satu hari.

  • Jangan sembarang pilih lipshine

Produk lipshine memang baik dalam menghasilkan tampilan bibir yang merekah dan seksi. Namun, jangan asal pilih lipshine. Sebaliknya, pastikan lipshine Anda sehat, bernutrisi, dan mengandung vitamin. Tujuannya agar bibir tidak cepat kering.

  • Perhatikan sabun untuk wajah

Mungkin saja sabun pencuci wajah Anda ampuh dalam menangkal jerawat dan melembutkan wajah Anda. Namun, apakah sabun tersebut juga baik untuk bibir. Sebab, pada beberapa pencuci wajah ditemukan mengandung formula yang terlalu keras untuk kulit bibir yang cenderung sensitif.

  • Bersihkan bibir di malam hari

Bukan hanya wajah, bibir pun perlu perawatan intensif setiap malam. Caranya, rendam handuk dalam air hangat selama lima menit. Kemudian, gosokkan perlahan pada bibir untuk mengangkat kulit mati dan pecah-pecah. Lalu, oleskan pelembab bibir yang berguna dalam menutrisi bibir kala Anda sedang tertidur.

Demikian informasi mengenai Bahaya Menjilat Bibir Kering Serta Tips Mencegah Bibir Kering. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Terus kunjungi situs http://manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com untuk update informasi seputar kesehatan lainnya.

Bahaya Menjilat Bibir Kering Serta Tips Mencegah Bibir Kering

Bahaya Menjilat Bibir Kering Serta Tips Mencegah Bibir Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *