Alpukat adalah salah satu buah yang disukai oleh banyak orang. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, buah alpukat sangatlah kaya akan berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh. Simak mengenai Alpukat, Buah Nikmat Yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak dibawah ini.

Alpukat, Buah Nikmat Yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Alpukat, Buah Nikmat Yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak | Buah alpukat termasuk buah yang menyehatkan. Si hijau ini mengandung protein, vitamin E, potasium, dan nutrisi penting lainnya. Namun, manfaatnya bukan hanya itu. Menurut studi terbaru, buah alpukat juga meningkatkan kemampuan otak.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Frontiers in Aging Neuroscience baru-baru ini mengemukakan bahwa lansia yang mengonsumsi lebih banyak lutein -yang banyak terkandung dalam buah alpukat-menunjukkan respon otak yang serupa dengan mereka yang berusia lebih muda.

Sebanyak 60 orang berusia 25 hingga 45 tahun direkrut oleh para peneliti untuk diukur kadar lutein di tubuhnya. Lutein merupakan nutrisi yang ditemukan dalam buah dan sayur berwarna hijau. Selain alpukat, lutein juga ditemukan di bayam, kale, dan telur. Aktivitas otak dan respon neuron mereka saat mengerjakan sebuah tugas berat, juga ikut dipantau.

Hasil temuannya?

Lansia yang memiliki lutein lebih banyak di dalam tubuhnya menunjukkan respon saraf yang sama dengan partisipan berusia lebih muda yang kadar lutein dalam tubuhnya lebih rendah,” jelas Anne Walk, Ph.D., dari tim peneliti.

Tampaknya, lutein memegang peranan penting dalam kerja otak. Mereka yang memiliki lutein lebih tinggi di dalam tubuhnya mampu untuk menyerap banyak informasi sehingga dapat menyelesaikan tugasnya dengan maksimal.

Studi tersebut tidak merinci bagaimana nutrisi (lutein) dapat membantu, namun studi yang dilakukan sebelumnya mampu menunjukkan bahwa lutein memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat meningkatka fungsi otak.

Dua catatan penting adalah studi tersebut tidak dapat menunjukkan sebab dan akibat. Dengan kata lain kita tidak yakin apakah kadar lutein memegang peranan penting untuk meningkatkan kerja otak atau tidak. Dan yang kedua, studi tersebut didanai oleh Haas Avocado Board – produsen alpukat, yang tentu saja merupakan sumber lutein cukup besar.

Meski demikian, studi tersebut telah ditinjau dan hasilnya cukup menarik. Namun, sebelum menarik kesimpulan, penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan. Saat ini tim peneliti tengah melakukan percobaan untuk melihat apakah peningkatan jumlah lutein pada orang yang sedang diet dapat meningkatkan kinerja kognitif atau tidak.

Selain bagus untuk otak, buah alpukat juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya, diantaranya adalah :

  • Kaya Nutrisi

Lebih lanjut, ia menjelaskan, alpukat kaya akan vitamin E, vitamin B, folat, dan asam lemak omega-3 yang semuanya memberikan kontribusi untuk kesehatan otak.

  • Memperlambat Perkembangan Penyakit

Selanjutnya, The Journal Alzheimer’s Disease and Associated Disorders melaporkan, pemberian dosis tinggi vitamin E bisa mengembalikan hilangnya ingatan pada pasien Alzheimer dan memperlambat perkembangan penyakit.

  • Memelihara Jaringan Saraf

Selain itu, alpukat juga kaya akan asam oleat, yaitu asam lemak yang dibutuhkan untuk menciptakan dan memelihara mielin atau jaringan di sekitar saraf yang melindungi neurotransmitter dan mempercepat neurotransmissions.

Mielin yang sehat berlimpah diperlukan untuk arus informasi yang cepat antar neuron. Bahkan mielin memungkinkan informasi melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 200 mil per jam. Neuron tanpa mielin berkomunikasi pada kecepatan yang jauh lebih lambat. Transportasi halus dan informasi cepat merupakan hal penting untuk belajar dan fungsi kognitif yang optimal.

Sekian informasi dari kami mengenai Alpukat, Buah Nikmat Yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda. Terus kunjungi situs ini untuk mendapatkan infomasi penting dan menarik lainnya.

Baca Juga : Arti Dari Angka-Angka Yang Ada Pada Wadah Plastik | Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Alpukat, Buah Nikmat Yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Alpukat, Buah Nikmat Yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *