Hampir semua orang ingin panjang umur dan sehat selalu. Dalam hal ini, suka atau tidak, ternyata perempuan lebih mungkin untuk panjang umur dibanding laki-laki. Lalu apa Alasan Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Dengan Pria. Simak uraian lengkapnya dibawah ini.

Alasan Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Dengan Pria

Alasan Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Dengan Pria | Sebuah penelitian dilakukan Duke University menemukan fakta bahwa dibandingkan lelaki, kaum hawa cenderung memiliki umur lebih panjang. Bahkan, studi ini juga menyebut bahwa perempuan juga bisa bertahan dalam kondisi terburuk sekalipun seperti saat kelaparan atau pada fase epidemi penyakit tertentu.

Virginia Zarulli, Asisten Profesor di Duke University mengatakan secara biologis, perempuan memang lebih kuat dibandingkan lelaki. Hal ini terlihat dari kecenderungan bayi perempuan yang memiliki angka kematian lebih rendah dibandingkan bayi lelaki.

Pada masa kesengsaraan, anak perempuan yang baru lahir cenderung lebih dapat bertahan daripada anak lelaki yang baru lahir,” ujar Virginia.

Faktor genetik dan hormonal yang dimiliki perempuan, kata Virginia, membuat mereka dapat hidup lebih lama dari lelaki rata-rata enam bulan hingga empat tahun. Menurut dia, hormon estrogen yang hanya dimiliki perempuan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit menular.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences, tim peneliti menganalisis data kematian 250 tahun yang lalu terhadap orang-orang yang meninggal karena kelaparan, penyakit atau kemalangan lainnya.

Baca Juga : Obat Herbal Penyakit Miom

Data yang melibatkan tujuh generasi ini menemukan bahwa anak perempuan yang baru lahir lebih tangguh daripada anak lelaki yang baru lahir karena faktor biologis. Adapun alasan lainnya mengapa perempuan lebih panjang umur dibanding laki-laki, diantaranya adalah :

  • Pertumbuhan prenatal lebih baik

Perempuan memiliki tingkat pertumbuhan dan sistem kekebalan yang lebih baik dibanding laki-laki, sehingga memberikan kematangan fisik penuh saat dilahirkan dan membuatnya panjang umur. Sementara, pada bayi laki-laki, kematangan fisik mereka masih terus berkembang, sehingga mereka lemak dan rentan terhadap penyakit.

  • Perbedaan kromosom

Perempuan memiliki telemores (bagian dalam kromosom) lebih lama daripada pria yang melindungi kromosom. Telemores membantu sel-sel kita untuk menumbuhkan dan bekerja sebagai mekanisme anti-penuaan. Perempuan memiliki telemores yang lebih panjang, usia mereka lebih lambat daripada laki-laki dan memperlambat penuaan sel.

  • Perubahan hormonal bertahap

Sepanjang hidupnya, seorang wanita memiliki tingkat hormon yang berbeda, sehingga membantu dia mengoptimalkan kesehatannya. Setelah melahirkan, perempuan mulai memproduksi tiroksin lebih banyak untuk menjaga kekebalan dan kesehatan. Ini adalah alasan utama perempuan lebih mungkin panjang umur dibanding laki-laki.

  • Risiko rendah penyakit jantung

Tubuh perempuan mengeluarkan estrogen, yaitu hormon seks utamanya. Namun, Estrogen juga menjaga arteri dan pembuluh darah tetap bersih, kenyal dan kuat, sehingga mencegah masalah jantung. Sayangnya, jumlah estrogen pada laki-laki sering diabaikan. Hal inilah yang membuat perempuan lebih mungkin panjang umur dibanding laki-laki.

  • Wanita lebih sadar kesehatannya

Wanita lebih sadar mengenai kesehatannya dibanding laki-laki, sehingga sering mengunjungi dokter. Hal ini memberikan gambaran akan kepedulian perempuan terhadap kesehatannya. Dengan kata lain, perempuan dapat mencegah beberapa penyakit dengan lebih peduli akan kesehatannya. Hal inilah yang membuat perempuan lebih mungkin panjang umur dibanding laki-laki.

  • Kurang terpengaruh gaya hidup tidak sehat

Perempuan memiliki lobus frontal lebih maju di korteks serebral. Hal ini adalah salah satu alasan utama mengapa perempuan hidup lebih lama daripada laki-laki. Karena lobus frontal yang lebih maju, perempuan mengambil keputusan lebih matang dan terukur dibanding laki-laki, sehingga kurang terpengaruh gaya hidup tidak sehat.

  • Jarang merokok

Rata-rata populasi wanita yang merokok lebih rendah dibanding laki-laki. Asupan nikotin selalu berdampak negatif terhadap kesehatan, sehingga mengurangi kesempatan hidup lebih lama.

  • Lebih aktif kegiatan fisik

Kita mungkin berpikir laki-laki banyak melakukan lebih banyak pekerjaan fisik daripada wanita. Tetapi, ternyata wanita lebih aktif secara fisik dan mental. Tidak seperti pekerjaan kantoran pada pria, wanita perlu terus aktif untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Tentu, hal ini memberi perempuan keuntungan untuk panjang umur.

  • Lebih rendah stres

Perempuan memiliki antioksidan alami dalam tubuh mereka yang membantu mengurangi stres. Jadi, di situasi yang sama, seorang pria memiliki tingkat stres lebih tinggi dibanding perempuan. Hal ini mengurangi harapan hidup pada pria dan memberikan kesempatan hidup lebih lama terhadap perempuan.

Baca Juga : Alasan Kenapa Obat Flu Cenderung Selalu Bikin Ngantuk

Alasan Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Dengan Pria

Alasan Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Dengan Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *