Bila anda penggemar drama kore, pasti sudah sering melihat adegan para artis dan aktor yang sedang makan kimchi, bukan?? Mereka begitu menikmati makanan korea tersebut. Namun tahukah anda jika kimchi telah dinobatkan sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia? Lalu apa Alasan Kimchi Dinobatkan Sebagai Makanan Paling Sehat?

Alasan Kimchi Dinobatkan Sebagai Makanan Paling Sehat

Alasan Kimchi Dinobatkan Sebagai Makanan Paling Sehat | Kimchi adalah salah satu makanan rendah lemak dan tinggi serat yang begitu terkenal di Asia. Kimchi adalah hidangan fermentasi dari kubis berwarna kemerahan yang dibuat dari berbagai macam campuran, mulai dari garam, cuka, bawang puih, bubuk cabai, dan bumbu-bumbu lainnya. Semua bahan tersebut kemudian difermentasi dengan menggunakan wadah yang ditutup rapat dan seringkali disajikan bersama nasi, mie atau sup.

Saat ini terdapat sekitar 187 jenis kimchi dan setiap keluarga memiliki resep kimchi yang berbeda-beda. Kimchi biasanya selalu ada pada setiap waktu makan; baik pagi, siang, maupun malam di dalam rumah makan Korea atau rumah penduduk Korea. Selain memiliki rasa yang enak dan unik, kimchi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga dinobatkan sebagai makanan paling sehat di dunia. Berikut manfaat dari kimchi :

  • Kimchi Mengandung Bakteri Sehat dan Prebiotik yang Baik Untuk Kesehatan Tubu

Karena kimchi dibuat dengan cara fermentasi, seperti halnya yogurt, tidak mengherankan jika kimchi mengandung bakteri sehat yang disebut dengan lactobacilli yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu, probiotik yang terkandung didalamnya juga dapat melawan berbagai macam infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

  • Konsumsi Kimchi Dapat Menurunkan Tingkat Kolestero

Bila Anda bermasalah dengan tekanan darah tinggi, atau memiliki tingkat kolesterol tinggi di dalam tubuh, Anda tidak perlu resah. Keberadaan bawang putih yang terkandung dalam menu kimchi mengandung allicin dan selenium, dimana keduanya dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Ditambah lagi, zat tersebut secara tidak langsung dapat membantu mencegah berkembangnya masalah stroke atau penyakit jantung karena zat tersebut dapat mencegah penimbunan plak pada dinding arteri.

  • Konsumsi Kimchi Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh Dan Penglihatan yang Jelas

Dalam 100 gram penyajian kimchi mengandung 18 persen nilai vitamin A yang dibutuhkan tiap hari. Di samping itu, antioksidan yang terkandung didalamnya juga dapat menyingkirkan radikal bebas dari dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit kanker. Tidak berhenti sama di sana, manfaat vitamin A yang cukup signifikan lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk embrio, dan membantu mempertahankan penglihatan yang jelas dan mata sehat.

  • Konsumsi Menu Kimchi Membuat Kulit Bersih dan Rambut Bersinar

Mengonsumi kimchi tidak hanya akan membuat tubuh sehat dari dalam, namun juga berefek positif pada kulit Anda karena kulit akan tampak bersih bersinar. Hal ini disebabkan karena keberadaan selenium yang ditemukan dalam bawang putih yang ditambahkan pada kimchi bisa menjaga kulit dan rambut sehat. Bahkan, mengonsumsi kimchi bisa mencegah kemunculan kerutan.

  • Konsumsi Kimchi Dapat Mencegah Penyakit Kanker Perut

Menurut Profesor Miri Kim dari Food Nutrition Department di Chungnam National University, pendar warna merah yang ditemukan pada kubis kimchi mengandung bio-kimia, seperti isocyanate dan sulfide yang dapat membantu mendetoksifikasi logam berat yang ditemukan dalam liver, usus, dan ginjal. Bio-kimia tersebut, khususnya isocyanate, menurut hasil penelitian dapat mencegah penyakit kanker perut.

Baca Juga : Sumber Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi || Manfaat Bengkoang Selain Untuk Kecantikan Kulit

Nah itu dia Alasan Kimchi Dinobatkan Sebagai Makanan Paling Sehat. ternyata karena banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain manfaat diatas, mengkonsumsi meni kimchi juga dapat memperlambat proses penuaan, membantu menurunkan berat badan, mencegah radang pada dinding lambung, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi tidak heran jika kimchi dinobatkan sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Sekian dan semoga bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan baru anda.

| Alasan Kimchi Dinobatkan Sebagai Makanan Paling Sehat |

Alasan Kimchi Dinobatkan Sebagai Makanan Paling Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *